Setiap perusahaan memiliki recruiter yang memiliki tugas untuk melakukan proses reqruitment akan kebutuhan posisi atau lowongan kerja yang ada di prusahaannya. Namun belakangan ini tugas recruiter banyak di butuhkan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang jasa outsourcing. Recruiter adalah seseorang yang memiliki skill untuk memilih dan merekomendasikan para kandidat yang akan menduduki posisi kosong disebuah perusahaan sesuai dengan requirement yang di infokan oleh user atau pengguna.
Secara garis besar recruiter sebenarnya sama dengan sales bagi mereka yang bekerja pada perusahaan jasa outsourcing. Memiliki target untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan target pengguna. Seorang recruiter harus efektif, peduli pada pengembangan karir, tidak hanya berpikir untuk memenuhi kebutuhan lowongan pekerjaan, tapi secara proaktif mendekati talent. Peduli bahwa karir merupakan aspirasi dan potensi pertumbuhan untuk saat ini dan masa yang akan datang.

Mengenal Tugas Recruiter
Anda sebagai seorang recruiter tentunya perlu lebih dalam mengetahui tugas dari seorang recruiter yang memiliki peran penting dalam meningkatkan business perusahaan melalui kandidat-kandidat yang sesuai dengan target perusahaa.

Memahami Target Reqruitment dari Pengguna (user)
Seorang recruiter harus meluangkan waktu untuk meneliti dahulu tentang sumber-sumber recruitment, tipe pekerjaan, keterampilan yang dibutuhkan, dan siap berkompetisi mendapatkan talent terbaik dengan perusahaan lain. Kemudian memiliki naluri untuk menemukan kecocokan antara organisasi dan kandidat, sehingga dapat menghubungkan antara permintaan, kebutuhan dan kompetensi.

Menjual Produk Yaitu Kandidat Sesuai Target Pasar
Seorang recruiter sama halnya dengan marketing yang menjual produk, namun produk yang dimaksud adalah para kanididat pelamar kerja yang sesuai dengan recruitment perusahaan. Maka seorang recruiter harus tahu bagaimana menjual produk pada target pasar yang tepat, baik melalui social media, ketika berkomunikasi via telpon, tatap muka ataupun employer branding promotions.

Bernegoisasi Dengan Pengguna & Kandidat
Tugas seorang recruiter adalah bernegosiasi dengan pengguna dan kandidat agar keduannya mencapai kepuasan dalam bekerja. Sehingga recruitment bukan hanya sekedar mempublikasikan profil perusahaan dan posting killer job descriptions.

Mempertahakan Kinerja Kandidat Yang Baik
Seorang recruiter memilki tugas untuk berinteraksi dengan kandidat yang sesuai dengan pengguna agar kandidat terus bertahan di tempat pengguna. Contohnya dengan membuat komunikasi secara tulus untuk orientasi hubungan jangka panjang, bersedia mendengarkan termasuk siap dimintai pendapat. Mendengarkan dalam arti sebenarnya bukan hearing but not listening. Pada akhirnya Anda dapat mengidentifikasi strenght tiap individu.

Sekilas pengertian recruiter dan tugas dari seorang recruiter yang jarang terpublish, dan belum dianggap sebagai sebuah skill yang mahal di Indonesia. Tetapi yang perlu diketahu bahwa seorang recruiter memiliki peran besar dalam mengembangkan bisnis sebuah perusahaan jika mampu menganalisa kebutuhan SDM sesuai dengan requirement pengguna