Artikel tentang SEO selalu ada setiap Anda membuka halaman yang berkaitan bagaimana menjadi seorang blogger sukses atau cara menaikkan pengunjung di blog pribadi. SEO sangat berpengaruhkah dalam dunia bloging? SEO akan banyak membantu trafik di blog jika Anda bisa mengaplikasikannya, tetapi beberapa blogger menulis arttikel tanpa memprioritaskan SEO dalam setiap artikel.

Lalu apa arti SEO itu?

Dikutip dari halaman Wikipedia, Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat “SEO” adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

SEO biasanya melibatkan berbagai teknik-teknik optimasi kata kunci yang sudah diriset terlebih dahulu. Situs yang teroptimasi dengan baik ditandai dengan tampilnya situs di posisi teratas halaman terdepan mesin pencari – utamanya adalah Google, ketika pengguna mengetikkan kata kunci tertentu. Bagi pemula dalam dunia blogging harus mulai memahami dan belajar mengenai SEO.

Tujuan/Manfaat SEO Dalam Dunia Blogging

Tentunya bukan tanpa tujuan atau manfaat, jika seorang blogger melakukan teknik SEO pada blog-nya. Menerapkan SEO pada setiap artikel yang disajikan oleh penulis akan memberikan manfaat dan menghasilkan pundi-pundi uang dari blog-nya.

  • Tujuan utama bagi blogger melakukan SEO untuk mencapai posisi yang optimal di mesin pencari seperti Google.
  • Dengan melakukan SEO Anda sebagai blogger mengharapkan hasil mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung. Jika dibuatkan alurnya, ketika tujuan pertama di atas tercapai, maka secara otomatis situs akan mendapatkan yang namanya
  • Mendapatkan banyak pengunjung baru yang berpotensi memiliki kualitas yaitu, benar-benar merupakan pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan pada blog Anda.
  • Meningkatnya trafik pengunjung berpotensi meningkatkan durasi kunjungan di blog. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang dibutuhkan pada blog Anda akan betah berlama-lama di blog demi memuaskan rasa ingin tahunya.
  • Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentu saja brandawareness. Artinya, orang akan lebih mudah ingat dengan situs Anda.

Cara Kerja SEO

Secara konseptual, ada dua teknik cara optimasi suatu website :

On-Page SEO

On-Page SEO adalah teknik dengan cara membuat konten yang bagus dan unik, baik dalam pemilihan kata kunci, menempatkan kata kunci di tempat yang tepat, dan memberikan judul yang sesuai untuk setiap halaman, dll.

Off-Page SEO

Off-Page SEO adalah teknik dalam membangun link, meningkatkan popularitas suatu link dengan menyematkan link dari suatu website ke website lain atau biasa yang dikenal dengan backlink.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian serta fungsi SEO dalam suatu website, untuk teknik lainnya akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Dengan trend penggunaan internet yang terus meningkat di Indonesia, artinya makin banyak orang yang mencari sesuatu lewat search engine seperti Google. Jika Anda memiliki website tapi tidak di SEO, maka Anda akan melewatkan sebuah kesempatan yang bisa saja diambil oleh kompetitor Anda.