Membeli Perlengkapan Baju Bayi

Setelah sebelumnya membahas list belanja untuk perlengkapan bayi, tentunya para ibu masih membutuhkan pembahasan tentang model baju bayi yang harus dibeli. Pada artikel kali ini akan saya membahas tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli baju bayi untuk usia 0 sampai 6 bulan. Terkadang diantara kita pasti akan latah belanja untuk keperluan baju si bayi tanpa tahu apakah baju tersebut nantinya akan terpakai oleh si bayi atau malah si bayi keburu besar dan baju sudah tidak muat untuk dipakai. Perhatikan hal-hal berikut ini dalam memilih dan membeli baju bayi sesuai dengan kebutuhan para ibu.

Tentukan budget

Hal pertama yang harus dilakukan oleh para ibu yaitu menentukan budget untuk membeli baju si bayi. Sesuai pengalaman biasanya budget untuk membeli baju bayi hanya Rp. 500.000 atau jika para ibu ingin membeli yang merk cukup Rp. 1.000.000 dan usahakan tidak ada tawar menawar dihati untuk budget belanja bayi setelah ditentukan nominalnya.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Membeli baju bayi pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Penting sekali bagi para ibu untuk membuat plan, misalnya jika ini kelahiran anak kedua maka baju bayi si kakak tentu masih bisa digunakan sebagian, jadi belilah yang kira-kira kurang saja. Namun jika ini adalah kelahiran pertama maka lakukan list yang akan dibeli. Sebagai informasi jika ini anak pertama para ibu pasti akan mendapatkan banyak hadiah untuk kepeluan bayi, jadi pikirkan kembali list untuk membeli baju bayi dan mungkin bisa dikurangi sedikit.

Membeli Perlengkapan Baju BayiBelilah sesuai ukuran

Untuk memilih baju bayi yang baru lahir sebaiknya berpangkal pada ukuran S dan M, karena bayi baru lahir jika menggunakan ukuran baju baby born dijamin tidak tahan lama. Sebagai pertimbangan tubuh bayi yang cepat membesar akan lebih baik jika para ibu langsung memilih baju ukuran S dan M. Sebagai catatan ukuran S bisa digunakan untuk 3 bulan umur bayi dengan berat hingga 5 kilo dan ukuran M bisa digunakan hingga bayi usia 4 – 6 bulan dengan ukuran bayi 5 kilo sampai 7 kilo bahkan 10 kilo.

Tentukan model baju bayi yang akan dibeli

Saat membeli baju bayi model tentunya menjadi pilihan, nah ini beberapa model baju bayi :

Baju model kancing, dipilih karena kepala bayi yang belum bisa berdiri sendiri jadi para ibu bisa memakaikan baju ke bayi tanpa melewati kepala bayi tetapi langsung menuju badan dan tangan bayi.

Baju dengan leher longgar atau besar dipilih agar para ibu mudah memasukkan kepala bayi yang masih belum berdiri sempurna. Sebaiknya penggunaan baju tanpa kancing ini seperti bahan kaos atau model kaos digunakan ketika usia bayi diatas 3 bulan.

Jumlah baju yang akan dibeli

Berikut ini adalah jumlah baju bayi yang sebaiknya dibeli dan perhitungannya sebenarnya cukup mudah. Hitung keseharian bayi menggunakan baju adalah seminggu 7 hari jadi sebaiknya para ibu cukup membeli setiap model baju sebanyak setengah lusin untuk usia bayi mulai 0 sampai 6 bulan.

Baju bayi kancing depan lengan pendek atau tanpa lengan yaitu model kutung siapkan sebanyak setengah lusin atau 6 buah, dengan masing – masing ukuran yaitu S dan M.

Baju bayi kancing depan lengan panjang siapkan sebanyak setengah lusin yaitu 3 buah ukuran S dan 3 buah ukuran M.

Jumpersuit bayi mlengan pendek sebanyak 6 buah atau setengah lusin dengan masing-masing ukuran yaitu S dan M.

Jumpersuit bayi lengan panjang dan celana panjang sebanyak 4 buah yaitu 2 buah ukuran S dan 2 buah ukuran M.

Celana panjang bayi siapkan sebanyak setengah lusin yaitu dengan ukuran S sebanyak 2 buah da ukuran M sebanyak 4 buah

Celana pendek bayi siapkan sebanyak 1 lusin.

Baju hangat untuk bayi siapkan sebanyak 2 buah yaitu dengan ukuran S satu buah dan ukuran M 1 buah

Kaos bayi pilih yang berbahan 100%cotton dan SNI siapkan sebanyak setengah lusin dengan ukuran all size tetapi bisa digunakan untuk ukuran 2 – 6 bulan. Karena penggunaan kaos biasanya setelah usia bayi satu bulan.

Menentukan bahan baju bayi

Area kulit bayi yang sensitif dan sangat lembut tentunya menjadi hal penting bagi para ibu untuk menentukan baju dengan bahan yang cocok dan sesuai kulit bayi. Sebaiknya para ibu memilih bahan katun atau biasanya baju yang berlabel 100% cotton dan ada label SNI karena sudah pasti kualitasnya Standarad Nasional Indonesia.

Setelah dibahas tentunya para bumil akan semakin cerdas menentukan kebutuhan belanja baju bayi untuk si bayi. Bisa jadi para ibu akan berfikir menghemat untuk kebutuhan baju bayi yang sifatnya sementara, karena kebutuhan bayi tidak hanya baju tetapi akan banyak kebutuhan lain yang pastinya menguras keuangan bulanan keluarga so kenapa nggak dicoba untuk menghemat pengeluaran belanja baju bayi.