Semenjak membuat artikel terkait Smartwatch Imoo yang menyasar target anak-anak, saya tertarik membahas keberadaan terciptanya teknologi smartwatch ini. Menariknya teknologi smartwatch dalam bentuk jam tangan pintar ini mulai diminati masyarakat dalam memudahkan berkomunikasi.

Masyarakat mudah berkomunikasi tanpa harus melalui smartphone langsung, tetapi cukup dengan benda smartwatch yang terhubung dengan melalui Bluetooth dan Wifi smartphone Anda komunikasi bisa tercipta.

Apa Itu Smartwatch?

Smartwatch adalah sebuah perangkat pintar yang terhubung dengan smartphone untuk menjalankan beberapa fungsi yang ada di smartphone pada benda berbentuk jam tangan, selain memiliki fungsi utamanya sebagai jam tangan. Smartwatch dirancang untuk jaringan dan mengintegrasikan dengan perangkat pribadi lainnya melalui Wi-Fi dan teknologi Bluetooth. Namun Smartwatch tidak di rancang untuk menggantikan fungsi ponsel seutuhnya, smartwatch dirancang memberi “alert” pada pengguna untuk pesan dan panggilan yang masuk pada ponsel, serta mengaksesnya langsung tanpa harus melihat smartphone.

Kapan Teknologi Smartwatch Diciptakan?

Intel Diketahui Sebagai Pencipta Munculnya Teknologi Smartwatch

Ternyata di beberapa website sejarah perjalanan terkait teknologi smartwatch ini sudah dibahas di tahun 2013. Perjalanan smartwatch ini menjadi dikenal dan besar di tahun 1970 yang diciptakan oleh Intel dengan membeli sebuah perusahaan jam tangan bernama Microma Universal. Intel merilis teknologi pada jam tangannya dengan layar LCD, namun masih minimnya teknologi pada arloji tersebut mengakibatkan produk tersebut gagal dipasaran.

Menyusul Seiko Ditahun 1982 Memunculkan Teknologi Smartwatch

Seiko ditahun 1982 yang merupakan perusahaan jam tangan terkenal dari Jepang, menciptakan Pulsar sebagai jam tangan pintar pertamanya. Pulsar hadir dengan kemampuan menyimpan 24 digit,  dan dianggap pertama kali sebagai jam yang memiliki kemampuan sebagai bank memori. Seiring dengan perkembangan komputer, pada tahun 1983 Seiko kembali menghadirkan generasi kedua dengan seri  D409. Pada seri ini juga, kemampuannya sudah menampilkan papan ketik pertama yang sudah mampu mengadopsi sebanyak 2000 karakter dan layar dot matrix.

IBM & Citizen Menjadi Generasi Ketiga Smartwatch Ditahun 2000

Memasuki pertengahan tahun 2000 IBM mengenalkan jam tangan pintar yang diberi nama Linux Smartwatch. Jam tangan ini memiliki fungsi berkomunikasi secara nirkabel dengan PC, ponsel dan perangkat nirkabel Bluetooth. Jam tangan pintar tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh dan mikrofon serta speaker kecil di dalamnya. IBM juga menanamkan memori sebesar 8MB dengan OS Linux 2.2, serta sensor accelerometer dan sidik jari.

Kesuksessan pada produk jam tangan pintarnya, IBM menggandeng perusahaan jam tangan terkenal Watch Citizen Co untuk membuat produk jam tangan pintar kembali yaitu Watch pad. Setelah meyakini produk pertamanya akan laris di pasaran, IBM menggandeng perusahaan arloji Watch pad hadir dengan layar QVGA beresolusi 320×240 dengaan os Linux versi yang lebih tinggi 2.4.Di dalamnya juga ditanamani aplikasi kalender dengan sistem memori sebesar 8MB, plus IBM menyematkan memori eksternal sebesar 16MB.

Tahun 2013 Giliran Negara Korea Mengeluarkan Teknologi Smartwatch Samsung Galaxy Gear

Cukup lama padam setelah IBM gagal ditahun 2000-2001 dalam teknologi smartwatch, Samsung brand asal Korea ini menjadi pioneer di tahun 2013 dengan menghadirkan perangkat jam tangan pintarnya yang diberi nama “Galaxy Gear”. Galaxy Gear dirancang terkoneksi dengan perangkat smartphone buatan mereka.

Apple Menyasar Pasar Smartwatch Ditahun 2014

Tidak mau kalah dengan brand IT dan smartphone lainnya, Apple mengeluarkan teknologi smartwatcha dengan brand Apple Watch yang dirilisnya pada tahun 2014 untuk pertamakali dengan banyak keunggulan dibanding Smart Watch lainnya. Contohnya tampilan menu yang mudah diakses, mengirim pesan dengan berbagai cara unik, close contact, melakukan panggilan hingga membaca e-mail. Fungsi yang ada di Apple Watch diyakini menjadi teknologi yang pali sempurna dikelas smartwatch dibandingkan dengan produk smartwatch yang dikeluarkan para brand IT dan smartphone.

Tentu saja jika melihat dari sejarah terciptanya hingga perjalanannya teknologi smartwatch ini pada tiap tahunnya dipercaya akan semakin banyak jam tangan pintar yang diluncurkan oleh brand-brand besar di bidang IT dan smartphone. Salah satunya adalah Smartwatch Imoo ini yang menyasar target anak-anak dengan teknologi ringan dalam jam tangan yang bisa digunakan oleh anak-anak.