Mengajak anak ikut dalam perjalanan jauh tentunya sangat menyenangkan, karena ini adalah bagian dari family trip walaupun Anda hanya mengajak anak dalam perjalanan dekat. Beberapa anak memang sangat menyenangkan bisa ikut dalam perjalanan jauh, apalagi anak dalam kondisi yang sehat.

Namun Anda perlu memperhatikan beberapa mood anak, karena beberapa mood anak akan merasa bosan atau tidak nyaman saat perjalanan jauh. Jika anak sudah merasa tidak nyaman biasanya cenderung rewel dan bertingkah mengesalkan. Tentunya ada banyak faktor yang membuat anak menjadi tidak nyaman saat ikut serta dalam perjalanan.

Anak cenderung bosan ketika dijalan hanya bisa duduk saja dan tidak beraktifitas seperti di rumah. Karena anak cenderung aktif dan tidak terbiasa berada dikendaraan dengan waktu yang lama. Apalagi Anda mengajak serta anak dengan menggunakan transportasi umum, biasanya anak cenderung bingung atau merasa terganggu dengan banyaknya orang yang ada di transportasi umum. Tapi tentu tidak semua anak bertingkah bingung ada beberapa dari mereka justru menyukai bertemu dengan orang banyak.

Beberapa anak cenderung banyak bertingkah mencari perhatian pada orang-orang di sekitarnya ketika di transportasi umum. Anak-anak cenderung terkesan seperti menyapa orang disekitarnya jika Anda perhatikan. Misalnya dia tersenyum lucu pada Anda seperti ingin berkomunikasi, pasti Anda pernah menemui hal seperti itu.

Lalu bagaimana mengatasi anak yang rewel saat dikendaraan umum?

Tips yang perlu Anda lakukan sebagai orangtua kepada anak sebelum mengajaknya berkendara:

Cek kesehatan anak sebelum mengajaknya ikut berkendara

Selalu cek kesehatan dan mood anak Anda sebelum melakukan bepergian menggunakan kendaraan umum, pastikan anak Anda dalam kondisi yang sehat dan nyaman. Perlu Anda ketahui jika anak mudah sekali hilang mood dan menyebabkannya menjadi tidaknya nyaman seprti menghadirkan tingkah rewel. Dengan kondisi sehat membuat anak menjadi rilex saat akan mempersiakan keberangkatan.

Menyiapkan kebutuhan anak selama  perjalanan

Kebutuhan anak selama perjalanan adalah faktor yang harus di perhatikan selama dalam perjalanan.  Menyiapkan kebutuhan anak akan membuatnya nyaman dan merasa tenang selama di jalan, karena apa yang anak Anda butuhkan tersedia dan membuatnya rileks atau happy.

Menyiapkan pakaian yang nyaman untuk diperjalanan

Sebagai orang tua Anda tentu harus pandai dalam memilih pakaian anak untuk dikenakan selama perjalanan. Jika Anda akan mengajak perjalanan di daerah yang panas pilihlah pakain yang mudah menyerap keringat, tipis dan berbahan lembut, karena anak mudah berkeringat saat kondisi udara panas. Berkebalikan jika Anda akan mengajak anak Pilihlah pakaian yang berbahan tebal dan nyaman untuk digunakan.

Membawa mainan kesayangan

Selama dalam perjalanan tentu akan menjenuhkan untuk anak, tidak bisa beraktivitas dan akan merasa kesepian selama dalam perjalanan karena tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan. Maka Anda harus memperhatikan aspek hiburan untuk menghilangkan kejenuhan bagi anak selama dalam perjalana, yaitu dengan membawa serta mainan-mainan kesukaan sang anak yang bisa membuatnya menghabiskan waktu berlama lama dalam perjalanan.

Membawa makanan & minuman kesukaan

Makanan seperti berupa snack wajib ada di setiap perjalanan, karena anak mudah lapar dan bosan saat duduk diam selama berjam-jam dalam kendaraan. Perjalanan panjang disertai dengan AC dikendaraan umum atau pribadi akan membuat perut gampang lapar dan mudah untuk masuk angin. Jangan tunggu masuk angin anak datang, berikanlah makanan berupa cemilan ringan pada anak selama perjalanan. Selain tidak gampang masuk angina, anakpun tidak merasa bosan atau kelaparan saat perjalanan dikendaraan umum atau pribadi.

Pesan Moral:

Sebagai orang tua harus selalu belajar untuk memahami karakter, sifat, dan kondisi tubuh anak, agar Anda tahu yang menjadi kebutuhan dan keinginan anak misalnya saat memutuskan mengajak anak untuk ikut serta dalam perjalanan baik menggunakan kendaraan umum/pribadi. Sehingga Anda akan mudah mempersiapkan kebutuhan anak, agar selama perjalanan anak merasa nyaman dan tidak rewel. Untuk itu anda harus bijak dalam menyikapi dan memiliki beberapa trik agar anak merasa nyaman baik secara fisik maupun mental, sehingga menjadikan anak merasa nyaman dan bisa menikmati selama perajalanan di kendaraan.