Seorang wanita tentunya tidak akan pernah lepas dari sebuah gadget. Benar saja kalimat tersebut karena bisa jadi handphone selain sebagai media komunikasi jarak jauh saat ini bisa menjadi barang yang menyimpan data pribadi kalian, sebut saja foto-foto dan video pribadi. Tak ketinggalan adalah catatan pin-pin atau password pribadi kalian, so bagaimana kalian menjaga handphone sebagai benda pribadi.

Selain menjaga tentu perlu memperhatikan kondisi baterai dari handphone yang kalian gunakan, dan berikut tips menjaga baterai handphone agar tidak kembung.

Kurangi penggunaan handphone

Untuk membuat baterai pada hanphone kalian awet sebaiknya kurangi penggunaan handphone dalam sehari. Menggunakan handphone dalam segala aktifitas pastinya akan memaksa baterai pada handphone cepat habis apalagi jenis handphone smartphone. Jadi usahakan kurangi penggunaan handphone misalnya saat tidur atau wkatu istirahat kantor. Hal ini akan menghindari performa baterai cepat menurun dan mengurangi panas pada baterai.

Jangan gunakan handphone saat proses charging

Pasti ini yang paling sering dilakukan oleh kalian para kaum wanita, yaitu tetap mengguankan handphone saat proses charging. Sebaiknya kurangi kegiatan ini karena handphone akan mudah panas dan mengakibatkan performa pada baterai menurun sehingga kondisi baterai akan mudah menggembung.

Lakukan charging pada handphone jika sudah muncul tanda low battery

Segeralah untuk melakukan charging pada baterai handphone saat tanda low battery sudah muncul. Membiarkan baterai habis dan tetap menggunakannya akan membuat performa baterai mudah drop dan panas.

Lakukan charging dengan menggunakan konektor sesuai amper

Ini yang paling sering kesalahan dilakukan oleh kalian yaitu menggunakan sembarang konektor saat charging tanpa tahu input ampernya. Perhatikan konektor USB yang akan digunakan untuk melakukan charge karena normalnya untuk sebuah smartphone adalah 1 – 1.2 Amper, jika kalian melakukan charging dengan input 2 Amper, maka baterai akan cepat menggembung dan panas. Mengapa demikian karena tidak sesuai inputnya walaupun akan tetap proses charging.

Hentikan proses charging jika baterai sudah penuh

Berikutnya kalian harus segera menghentikan proses charging pada handphone jika sudah penuh. Jangan membiasakan membiarkan handphone di charging walaupun sudah penuh, hal ini akan menimbulkan panas pada baterai yang mengakibatkan drop dan menggembung.

Tips tersebut sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan, dari hal kecil tersebut jika dilakukan akan menghindari permasalahan kembung pada baterai handphone. Ciri-ciri awal baterai handphone kalian akan menggembung yaitu mulai drop disaat indicator baterai penuh tapi cepat turun. Setelahnya akan mudah mati tiba-tiba yang berujung pada menggembung baterai.

So ayo mulai peduli pada baterai handphone kalian.