Saat ini trend ibu rumahtangga berbisnis sudah mulai berkembang dan mulai banyak muncul jenis-jenis bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Berbisnis dirumah dan sambil mengurus keluarga yaitu anak merupakan impian sebagian para ibu rumah tangga yang juga ingin memiliki penghasilan tambahan. Boleh jadi opsi berbisnis karena kurangnya pemasukan untuk memenuhi biaya kebutuhan rumah tangga atau ingin mandiri yaitu ingin bisa memenuhi hasrat konsumtif para ibu seperti berbelanja kebutuhan pribadi dan perawatan tubuh.

Sebenarnya sekarang ini dengan teknologi yang semakin canggih memudahkan kita menghubungkan langsung penjual dengan pembeli. Kemudahan terlihat dengan berbagai macam aplikasi yang bermunculan untuk berdagang contohnya bagi para ibu yang berminat dalam usaha dagang. Jadi pemanfaatan ruang online sepertinya cocok menjadi pilihan tetapi sebentar pikirkan dulu sebelum memilih.

Namun dalam berbisnis tentunya harus banyak pertimbangan yaitu memilih bisnis yang sesuai dengan gaya ibu rumahtangga. Sebaiknya pantang melakukan bisnis hanya karena ikutan tetangga atau teman dengan hasil yang sudah dicapai oleh mereka. Bagi mereka mungkin cocok tapi belum tentu bagi anda para ibu, bisa jadi ketika dijalankan ternyata hasilnya tidak maksimal atau tidak sesuai harapan. Nah kalau sudah demikian sia-sia saja usaha bisnis yang dijalankan selain hilang modal uang dan modal energi pun sudah terkuras. Maka dari itu melihat, mempelajari, memilih dan memutuskan adalah tahapan dalam memilih bisnis yang cocok untuk gaya ibu rumah tangga.

Berikut tips memilih bisnis yang cocok untuk para ibu rumahtangga.

Melihat jenis bisnis rumah tangga

Pertama para ibu harus melihat dan menulis list daftar bisnis rumah tangga. Misalnya membuka cathering, membuka warung, membuka kios pulsa dan voucher listrik, ini hanya beberapa contoh yang bisa di list tapi akan banyak. Silahkan membuat list sebanyak-banyaknya tetapi sebaiknya di bagi dalam 2 bidang yaitu menjual jasa dan barang.

Mempelajari list bisnis

Kedua tentu dari list bisnis yang sudah dibuat dan dirasa cocok mulailah untuk mempelajari. Mempelajari suatu bisnis bisa dengan bertanya langsung kepada orang yang sudah pengalaman dan sukses di bidang bisnis tersebut. Selain itu informasi tambahan bisa para ibu dapatkan di internet dengan melihat forum atau mengikutinya dan berbagi sharing sesama ibu rumahtangga. Dalam mempelajari bisnis yang cocok sebaiknya catat plus minus dari usaha tersebut, dan yakinkan bahwa anda memiliki skill di bidang tersebut.

Memilih bisnis yang sesuai

Ketiga yaitu tahapan memilih bisnis yang sesuai harapan dan kemampuan. Dalam tahapan memilih dari list bisnisn yang telah dipelajari lakukanlah pengukuran pada beberapa hal :

  • Lakukanlah pengukuran bisnis pada kemampuan yang para ibu miliki seperti tenaga dan pikiran yang akan terkuras pada bisnis ini, karena kita masih memiliki tangungjawab pada urusan mengurus rumahtangga.
  • Lakukan pengukuran pada waktu yang akan terpakai dalam bisnis ini, perhitungannya pemilihan bisnis rumahtangga sebaiknya yang hanya dilakukan paruh waktu misalnya hanya 5 jam dalam sehari.
  • Lakukan pengukuran pada skill yang bagus dalam bisnis rumahtangga yang akan dipilih. Nah penting bagi para ibu rumahtangga untuk memiliki skill dibidang bisnis yang dipilih karena paling tidak pengalaman dan medan yang akan dijalankan dalam berbisnis akan mudah karena sudah biasa. Jadi jangan memilih bisnis yang memang belum pernah dijalankan dan klaupun harus memilih yakinkan diri anda jika bisnis itu sesuai dengan diri anda.
  • Lakukan pengukuran pada modal yang dimiliki, jangan coba-coba berbisnis tanpa memiliki modal. Nah modal disini bukan berarti harus uang bagi mereka yang memilih bisnis di bidang jasa, tetapi modal uang bagi mereka yang memilih bisnis di bidang berdagang. Sesuaikan bisnis dengan modal yang para ibu miliki dan cukupkan dulu dengan modal tersebut karena yang namanya bisnis lama-lama akan membukit, jangan memaksa dengan modal yang besar tetapi hasil belum maksimal.
  • Lakukan pengukuran pada target ketercapaian sukses finansial. Karena selama ini yang menjadi masalah para ibu adalah memenuhi kebutuhan rumahtangga yang kurang setiap bulannya, maka ketika memilih bisnis yang diinginkan tentunya harus ada target ketercapaian dari bisnis tersebut yaitu tercapaianya finansila yang diharapkan. Catat target finansial yang diharapkan setiap bulan dari bisnis yang dijalankan kemudian catata berapa lama waktu kerja keras yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut. Ini adalah bagian dari memotivasi diri dalam menjalankan bisnis rumahtangga.

Waktunya menentukan bisnis

Kelima setelah melalui empat tahapan maka tetapkanlah jenis bisnis yang anda yakini bisa anda jalankan dengan baik, konsisten, komitmen dan sesuai target. Perlu di ingat jangan menyesal dengan pilhan bisnis yang sudah di pilih.

Nah selamat mencoba dan menjalakannya, serta terakhir tentunya tahapan menjalankan bisnis yang sudah diputuskan jangan hanya menjadi catatan yang tersimpan rapih tanpa praktek nyata memulai sebuah bisnis.