Artikel ini mewakili perasaan dan keadaan keuangan para ibu di rumah, tetapi untuk ibu yang bekerja dikantor belum tentu juga tidak merasakan hal yang sama seperti para ibu yang total menjadi ibu rumah tangga. Merasa uang belanja yang diberikan suami masih belum cukup untuk menutupi kebutuhan makan sehari-hari keluarga yang berimpact uang tabungan terpakai dan tidak ada tabungan pada akhirnya. Itulah mengapa wanita dilahirkan ke bumi salah satunya membantu pasangan dalam memenuhi kebutuhan keluarga contohnya makan dengan uang yang diberikan suami setiap bulannya.

Sudah saatnya Anda mulai menganalisa uang belanja yang diberikan suami setiap bulannya, dengan menganalisa Anda akan mendapatkan kesimpulan dan solusi. Selain itu Anda akan mulai memikirkan bagaimana caranya menabung dari solusi tersebut. Mau tips berhemat uang belanja Vondanote yang bisa Anda praktekkan?

Membuat Daftar Belanja Sebelum Ke Supermarket

Tanpa disadari, salah satu hal yang paling sering membuat habis uang belanja adalah pergi ke supermarket tanpa daftar belanja. Saat ini Anda perlu memulai dan membiasakan dengan membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket. Sesampainya di supermarket, mereka segera mengambil semua barang yang diperlukan dan langsung membayar di kasir. Cara ini wajib ditiru, karena saat berkeliling tanpa tujuan di supermarket, Anda jadi lebih gampang tergiur dengan diskon, promo, atau membeli sesuatu yang sebenarnya tak diperlukan. Lebih baik lagi jika Anda sudah mencantumkan harga estimasi uang yang akan dikeluarkan saat berbelanja di Supermarket.

Gunakan Uang Sesuai Dengan Target Belanja Yang di Buat

Jika sudah membuat daftar list belanja Anda harus mulai patuh dengan apa yang di tulis. Mulai menahan untuk membeli barang belanjaan di luar list belanja, karena perhitungan keungan belanja akan tidak sesuai. Lama-kelamaan Anda akan mulai menikmati dan pandai berhitung dalam menentukan bahan-bahan makanan kebutuhan keluarga yang sehat dan murah.

Mulai Membandingkan Harga Di Supermarket & Pasar

Sebelum membeli barang atau mengeluarkan uang, luangkan waktu untuk terlebih dahulu membandingkan harga barang dari semua merek yang ditawarkan di pasaran, untuk melihat pilihan mana yang akan memberikan harga dan value terbaik. Contohnya, harga sayur mayor dipasar lebih murah dibandingkan di supermarkert, tetapi harga telur lebih murah di supermarket darpada di pasar. Anda bisa mensiasati untuk membeli sayur dulu dipasar baru setelahnya mampir ke Supermarket untuk membeli telur.

 

Memfilter Kebutuhan Yang Menjadi Prioritas di Belanjakan

Selain membuat daftar list belanja, hal penting lainnya Anda harus memulai untuk memfilter kebutuhan yang menjadi prioritas untuk di belanjakan atau tidak. Biasanya dalam list belanja ada satu atau dua item belanja yang pada akhirnya tidak terpakai sehingga uang yang dibelanjakan menjadi sia-sia. Biasanya item tersebut Anda beli karena nafsu bisa menggunakannya, contohnya Anda membeli sayur bayem sebanyak dua ikat padahal setiap minggunnya hanya 1 ikat bayam yang digunakan memasaka. Satu ikatnya akan membusuk lama kelamaan dan tidak bisa di masak, di minggu berikutnya Anda mengulang untuk membeli kembali 2 ikat bayam. Ini yang dinamakan Anda harus mulai pintar memfilter kebutuhan yang sesungguhnya, contoh lainnya belanja bulanan sebaiknya memang di cukupkan untuk kebutuhan sebulan kedepan. Bukan karena tergiur diskon di supermarket Anda membuat list membeli minyak goreng 4 pouch, padahal di setiap bulannya Anda menghabiskan minyak goreng 2 pouch. Ini berimpact pada target tabungan yang terpotong karena ada cost yang harus dikeluarkan dengan membeli tambahan 2 pouch minyak goreng.

Rajin Mengumpulkan Uang Koin Kembalian Belanja

Uang koin yang biasanya terbuang atau buru-buru Anda belanjakan karena bikin dompet terasa berat, ternyata jadi hartu karun yang disayang oleh para ibu rumah tangga di Jepang. Mereka tak pernah lupa memasukkan uang koin sisa belanja ke dalam celengan yang sudah disediakan di rumah. Meski terlihat sepele, Anda pasti akan terkejut dengan jumlah yang bisa didapat dari mengumpulkan uang koin selama setahun.

Membuat Target Jumlah Tabungan

Tidak aka nada yang menyalahkan jika Anda menyisihkan 10% uang belanja yang diberikan suami untuk menabung, lebih baik lagi jika Anda sudah mengalokasikan uang belanja yang diberikan suami ke tabungan. Tabungan ibu rumah tangga saya menyebutnya dan ini bisa menjadi nilai investasi untuk memenuhi kebutuhan dimasa depan. Contohnya Anda ingin membeli sebuah motor maka Anda harus mulai berhitung berapa uang yang akan disisihkan dan dalam jangka berapa lama tabungan tersebut. Atau Anda hanya ingin menyimpan uang tabungan tersebut berjaga-jaga jika ada keperluan mendesak seperti sakit atau acara selametan dan pengajiang. Dengan begitu, menabung jadi tak terasa berat dan bisa terus dilanjutkan untuk target keperluan lain. Wah, tips hemat ini wajib dicoba oleh Anda yang sering sulit menabung karena merasa terbebani dengan jumlah yang besar.