Saya adalah seorang ibu bagi satu anak laki-laki yang kini sudah dewasa, namun dulu saya kedapetan mengalami ruam pada bagian pantat si bayi. Ruam popok yang terjadi adalah peradangan pada kulit bayi di area yang tertutup popok yaitu bagian pantat. Bagian kulit yang mrngalami ruam akan tampak kemerahan seperti lecet, dan ini ternyata yang tanpa sadar menyebabkan bayi sering menangis.

Kenali Penyebab Ruam Popok

  • Penyebab ruam pada bayi disebabkan kulit sensistif pada bayi yang secara terus menerus bersentuhan dengan urine dan tinja.
  • Ruam pada bayi juga terjadi karena membersihkan bagian pantat bayi dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alcohol dan parfumed.

Setelah mengenal penyebab ruam popok yang timbul pada bayi sebaiknya bagi Anda yang saat ini baru melahirkan atau masih mengandung bisa menjadi tambahan pengetahuan dalam menjaga kebersihan pantat pada bayi dan menghindari ruam popok. Jika ruam popok pada bayi dibiarkan maka akan menyebabkan koreng dan jamur pada bayi, tentu bayi akan merasa nyeri dan rewel.

Nah jika sudah rewel yang di repotkan tentu Anda para orangtua, selain khawatir tentu akan mengganggu pola istirahat. Bagi Anda yang saat ini mengalami ruam popok pada bayi sebaiknya mulailah untuk secara rutin melakukan langkah-langkah menghilangkannya secara sederhana dan menggunakan bahan alami.

Langkah-langkah menghilangkan ruam pada bayi

Langkah pertama : Membilas bagian bagian pantat dan alat kelamin bayi

  • Bilas bagian pantat dan alat kelamin bayi dengan menggunakan air hangat dengan mencelupkan kapas kedalam air hangat.
  • Usapkan kapas tersebut pada bagian pantat dan alat kelamin dengan mengepuk-ngepuk bukan mengusap.
  • Usapkan handuk bertekstur lembut untuk mengeringkan bagian pantat dan kelamin bayi. Biarkan kering terlebih dahulu selama beberapa menit baru dipasangkan kembali dengan popok bayi.

Langkah kedua : Gantilah popok bayi setiap 5 jam sekali atau jika dirasa popok sudah mulai terlalu banyak menampung air pipisnya.

Langkah ketiga : Gunakan salep khusus yang mengandung PH rendah untuk menghilangkan ruam popok yang sudah memerah dan lecet pada bagian yang terkena ruam. Oleskan tipis saja dan biarkan mengering dulu di permukaan bayi baru gunakan popok kembali.

Saya melakukan langkah-langkah tersebut selama hampir satu tahun karena anak saya yang memang memiliki kondisi paha besar dan mudah berkeringat jadi akan semakin mudah bayi terkena ruam. Selain dari kotoran air senin dan tinja, kotoran lainnya dari keringat pada bayi. Setelahnya ruam mulai hilang dan si bayi merasa nyaman dan tidak rewel. Tips lainnya jika bayi rewel saat ruam, sebagai ibu untuk menghilangkan ketidaknyamanan bayi Anda bisa memeluknya dan sambil menyusui. Tips ini sangat terbukti pada anak saya, ketika ruam dan rewel saya terpaksa bayi tidur dengan saya peluk dan kedaan putting menempel di bibir bayi. Agar bayi merasa nyaman dan aman karena dekapan kita sebagai orangtua.