Anda sebagai ibu rumah tangga yang paling tahu pakaian kotor keluarga, dari mulai kotornya dan bau apek yang menempel pada salah satu pakaian dan menjalar baunya ke baju kotor lainnya dalam satu keranjang pakaian kotor. Beberapa bau seperti bau keringat dan apek pada baju akan sulit hilang walaupun sudah di cuci dengan menggunakan sabun, karena sabun hanya berfungsi membersihkan baju bukan bau apek.

Lalu bagaimana dengan pewangi pada pakaian yang saat ini banyak beredar di supermarket?

Tentunya jika Anda menggunakan pewangi pakaian akan ada biaya tambahan saat mencuci baju selain menggunakan sabun. Biaya budget untuk sabun cuci baju akan ditambah dengan pewangi pakaian tentu sangat boros.

Cara hemat saya yaitu menggantikan produk pewangi pakaian dengan menggunakan bubuk baking soda yang ampuh menghilangkan bau pada pakaian kotor. Sebagai pengganti pewangi pakaian, Anda cukup dengan membeli deterjen yang sudah termasuk dengan pewangi. Maka pakaian Anda akan hilang dari bau, efek mencuci dengan baking soda dan harum dari mencuci menggunakan deterjen yang sudah dilengkapi pewangi. Tentu para ibu tau harga baking soda lebih murah dibandingkan harga produk pewangi tambahan, jadi jika setiap bulan Anda mengeluarkan budget biaya pewangi pakaian 100ribu kini denganbaking soda bisa hemat untuk 3 bulan saja budget tersebut keluar.

3 Langkah Mencuci Dengan Baking Soda Untuk Menghilangkan Bau Pada Pakaian

Proses Perendaman Pakaian Dengan Baking Soda

  • Sebelum mencuci Anda bisa merendam pakaian yang berbau dengan mencampur bubuk baking soda ke dalam air rendaman, dengan takaran satu cangkir soda kue dengan 3,5 liter air. Lakukan perendaman baju semalaman, proses ini akan memberi waktu baking soda untuk benar-benar menyingkirkan bau yang membandel dari cucian Anda.

Proses Mencuci Pakaian Dengan Baking Soda

  • Mulailah mencuci untuk pakaian yang sudah di rendam ke dalam mesin cuci dengan menambahkan deterjen yang sudah mengandung pewangi. Mulailah dengan siklus pencucian agar mesin cuci mulai terisi air. Biarkan mesin cuci terisi penuh oleh air dan melakukan proses mencuci pakaian.
  • Pada saat proses mencuci masukan ½ cangkir baking soda kembali kedalam mesin cuci. Biarkan baking soda tercampur dengan cucian dan tunggulah sampai siklus pencucian selesai, seperti biasa. Jika cucian dalam jumlah banyak, Anda bisa menambahkan sampai satu cangkir soda kue.

Proses Pengeringan Pakaian Setelah di Cuci Menggunakan Baking Soda

  • Setelah proses pencucian pakaian pada mesin cuci selesai maka saatnya mengeringkan pakaian. Keringkan pakaian di luar ruangan.Ini merupakan cara terbaik untuk mengeringkan pakaian yang berbau keringat, apak atau penuh keringat. Mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari dan disertai angin akan membantu menyegarkan pakaian. Bahkan di hari yang dingin, Anda bisa mengeringkan pakaian Anda di luar ruangan. Pilihlah tempat yang cukup banyak mendapatkan sinar matahari.