Kemunculan komedo pada area hidung dan dagu di wajah Anda kerap menggangu, hal tersebut terjadi karena faktor tersumbatnya sebum yang menyebabkan kulit wajah terlihat kusam dan berminyak. Bentuknya berupa bintik kecil dengan warna gelap atau putih. Jika dipencet, biasanya terasa sakit dan mengeluarkan nanah. Komedo yang dibiarkan lama kelamaan akan berubah menjadi jerawat atau acne vulgaris.

Kemunculan komedo di wajah Anda tentu disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari masalah hormonal hingga gaya hidup. Berikut ini lima penyebab utama munculnya komedo di wajah yang perlu Anda ketahui

Jarang Membersihkan Wajah

Kotoran dan debu yang sudah pasti menempel di wajah Anda saat beraktifitas di luar atau di dalam rumah bisa menjadi salah satu penyebab munculnya komedo di wajah Anda. Bukan berarti tidak ada kadar sebum berlebih pada wajah, maka wajah Anda terbebas dari yang namanya komedo. Jika Anda jarang memperhatikan wajah dengan sering-sering mencuci wajah maka secara otomatis debu atau kotoran yang menempel pada wajah akan masuk kedalam pori-pori dan menyumbat udara yang masuk ke pori-pori wajah dan menjadikannya komedo.

Memasuki Pramenstruasi (PMS)

Ketika masa menstruasi datang produksi hormon estrogen dan progesteron ditubuh Anda akan berkurang. Hal ini membuat hormon androgen menjadi dominan sehingga merangsang aktivitas kelenjar sebum. Inilah yang menyebabkan munculnya komedo pada saat Anda datang bulan pada sebagain wanita. Mungkin dari sebagian Anda tidak menyadari kedatangan komedo di saat datang bulan, nah mulai saat ini setelah membaca artikel ini Anda harus mulai rajin memperhatikan area hidung Anda dan dagu saat menstruasi datang.

Sebum Yang Berlebih Pada Wajah

Manusia memiliki hormon androgen yang berfungsi merangsang dorongan seksual, merangsang pembentukan otot, tulang kulit, organ seksual dan sel darah merah. Jika hormon androgen berlebih secara otomatis produksi sebum pun meningkat dan memicu penyumbatan pada folikel rambut di bawah kulit sehingga muncul komedo. Faktor hormone androgen berlebih hingga saat ini belum diketahui secara penelitian, namun faktor utamanya bisa disebabkan oleh faktor siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur ada baiknya memulai untuk berkonsultasi ke dokter atau psikolog.

Banyak Mengkonsumsi Makanan Mengandung Lemak

Sadarkah Anda bahwa salah satu penyebab munculnya komedo di area wajah akibat pola makan Anda yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak bisa meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Contoh makanan sehari-hari yang banyak mengandung lemak dan memicu timbulnya komedo adalah mengkonsumsi gorengan.

Asal Menggunakan Kosmetik Untuk Wajah

Suka menggunakan kosmetik, apalagi tanpa memperhatikan produk kosmetik tersebut cocok atau tidak untuk wajah Anda. Karena salah satu faktor penyebab komedo timbul penggunaan produk kosmetik wajah. Sepert menggunakan foundation, bedak, serta pelembap yang terlalu tebal. Jika pemakaian kosmetik untuk wajah Anda menjadi kebutuhan, imbangi juga dengan rajin mencuci wajah secara rutin setelah menggunakan make up seharian terutama sebelum tidur. Pastikan wajah dalam keadaan bersih saat Anda akan tidur di malam hari, agar wajah fresh saat bangun tidur dan tidak terlihat kusam atau berminyak akibat penggunaan produk kosmetik wajah.

Setelah Anda mengetahui penyebab-penyebab timbulnya komedo di wajah, Anda bisa memulai untuk menghindari faktor-faktor tersebut dengan selalu melihat penggunaan kosmetik misalnya atau sesering mungkin membersihkan muka dengan menggunakan produk susu atau scrub pembersih wajah. Namun jika komedo sudah terlanjur menempel dan berkembangbiak di wajah maka Anda harus menghilangkan komedo tersebut.

Menghilangkan komedo tidak perlu dengan penggunaan produk kecantikan yang beredar di store produk perawatan wajak dan kulit. Komedo bisa di hilangkan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan di sekitar rumah Anda.

Putih Telur

Kandungan asam amino yang tinggi di dalam putih telur memiliki manfaat untuk menutupi pori-pori wajah secara bertahap dan mengurangi produksi sebum. Putih telur juga memiliki asam folat yang berfungsi menghaluskan kulit wajah.

Caranya dengan memisahkan putih telur dari kuningnya, lalu kocok lepas putih telur. Siapkan kapas dan celukan kapas kedalam kocokan putih telur. Setelahnya tempelkan kapas tersebut ke bagian wajah yang terdapat komedo. Diamkan kurang lebih 3 jam, hingga bagian wajah yang ditutupi kapas terasa kaku dan mulai mengering. Anda bisa mencabutnya perlahan-lahan dan membersihkan wajah dengan air hangat dan setelahnya menggunakan air dingin. Pada bagian kapas jika Anda perhatikan terdapat bulu halus hitam komedo yang menempel.

Gel Lidah Buaya

Kandungan asam folat dan vitamin E pada lidah buaya memiliki manfaat untuk kulit yang mampu melembakan kulit wajah dan menghilangkan komedo.

Caranya dengan untuk mengoleskan gel lidah buaya ke area yang terkena komedo. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat untuk mengangkat sisa-sisa lidah buaya yang menempel pada wajah. Terakhir bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin. Untuk hasil yang maksimal komedo hilang di wajah lakukan perawatan ini 3 kali dalam satu minggu.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, hal ini sudah teruji klinis mampu menghilangkan komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit, terutama bagian kulit berminyak. Caranya dengan memotong buah jeruk nipis menjadi 2 bagian dan memeras airnya. Lalu perasan jeruk nipis dioleskan pada kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo. Lakukan pijatan lembut pada daerah yang berkomedo yang diolesi air jeruk nipis. Tujuan pijatan ini adalah untuk memudahkan komedo terangkat dari pori-pori kulit. Diamkan kurang lebih sekitar 15-20 menit atau tunggu hingga kering jeruk nipis yang Anda oleskan pada wajah. Lakukan bilasan dengan air hangat pada wajah Anda. Komedo akan terangkat dan luruh bersama air saat Anda membilas wajah Anda. Kulit wajah Anda akan terasa lebih halus dan tanpa komedo.

Tomat

Bahan alami lain yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo adalah tomat. Selain mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran kulit, tomat juga mengandung vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah. Caranya dengan menghaluskan buah tomat dan mencampurnya dengan minyak zaitun. Oleskan masker tomat pada wajah terutama daerah yang berkomedo, hingga masker mengering. Lakukan bilasan dengan menggunakan air hangat dan air dingin setelahnya untuk merasakan hasil perawatan.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang mengandung papain. Zat ini bekerja efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, pun terdapat kandungan enzim proteolitik untuk menghilangkan komedo. Masker pepaya merupakan salah satu cara menghilangkan komedo secara alami yang paling mudah Anda lakukan sendiri dirumah.

Caranya haluskan buah papaya dan kemudian oleskan pada bagian wajah yang berkomedo Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 15 menit. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat dan air dingin setelahnya. Supaya mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Secara bertahap, komedo di wajah pasti berkurang.

Penutup

Itulah artikel tentang 5 penyebab timbulnya komedo di wajah dan cara menghilangkannya dengan menggunakan bahan alami. 5 cara menghilangkan komedo secara alami dapat mulai Anda praktekkan setelah membaca artikel ini. Kelimanya mudah dan simple untuk di coba, tentunya Anda harus rutin mempraktekkannya dan bersabar untuk hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang memiliki masalah pada komedo.