Apakah Anda sudah membersihkan wajah dengan benar dan bersih?

Membersihkan wajah dengan benar jangan dianggap sepele, bisa jadi tumbuhnya jerawat atau kerak pada wajah disebabkan kesalahan dalam mencuci wajah. Dengan cara membersihkan wajah yang benar dan tepat, Anda tidak hanya menjaganya tetap bersih tapi sekaligus merawat kesehatan kulit wajahmu sendiri.

Nah, berikut ini beberapa cara mencuci wajah yang tepat supaya terhindar dari masalah seperti iritasi, jerawat atau wajah kusam.

Cuci wajah dengan pembersih dua kali sehari

Lakukan mencuci wajah dengan rutin sebanyak dua kali sehari di pagi hari saat bangun tidur dan sebelum tidur. Gunakan foam atau scrib pembersih yang memiliki fungsi mengangkat kotoran yang menempel pada kulit dan pori-pori di wajah. Membersihkan wajah rutin setiap hari akan meminimalisir tumbuhnya komedo dan jerawat pada kulit wajah.

Bersihkan sisa make up dengan micellar water

Sebelum berangkat beraktifitas sebagai seorang wanita tentu akan memulainya dengan melakukan make up untuk memaksimalkan penampilannya. Walaupun make up yang Anda gunakan sangatlah ringan yaitu hanya bedak tabur atau bedak ternyata jika digunakan seharian akan tertinggal pada pori-pori wajah dan menjadi bakteri jerawat.

Maka sangat penting untuk segera membersihkan wajah dengan produk pembersih wajah seperti micellar water. Micellar water atau makeup remover sangat membantu mengangkat sisa-sisa make up pada wajah hingga ke pori-pori.

Memijat wajah dengan lembut

Saat membersihkan wajah dengan cleansing foam atau scrub pembersih wajah lakukan pemijatan pada wajah dengan lembut dengan arah gerakan memutar dan dari hidung ke arah mata. Gerakan ini akan meminimalisir kulit wajah terlihat turun atau mengendur. Lakukan pemijatan wajah selama 30 detik – 1 menit saat membersihkannya.

Hindari menggosok wajah dengan kasar

Saat membersihkan wajah dengan crub pemebrsih hindari menggosok wajah dengan kasar, karena scrub sendiri sudah mengandung butiran kasar yang di pijat ke wajah. Jika terlalu keras menggosok kulit wajah, itu cenderung menyebabkan peradangan dan merusak penghalang lipid alami kulit, sehingga membuatnya bengkak.

Bilas wajah dengan air hangat

Setelah merawat wajah dengan menggunakan masker maka bilaslah wajah dengan air hangat. Air hangat berfungsi sama dengan uap yaitu mengangkat sisa masker yang menempel pada pori-pori wajah. Usahakan untuk membilas dengan air hangat yang suam kuku, agar tidak merusak wajah menjadi merah akibat air yang digunakan terlalu panas. Membersihkan wajah dengan air hangat juga bisa dilakukan sebelum tidur agar fresh dan bersih.

Spa wajah dengan uap air hangat

Membersihkan wajah yang sangat efektif salah satunya dengan melakukan spa wajah dengan uap hangat. Uap hangat yang menyembur ke wajah akan membuka pori-pori pada wajah dan mengeluarkan kotoran yang ada didalamnya. Jadi saat Anda melakukan spa uap pada wajah sesekali lap wajah dengan kapas yang sudah dibasahi air hangat. Fungsi kapas basah ini akan mengangkat kotoran yang menempel dari pori-pori yang wajah yang terbuka saat tekena uap.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membersihkan wajah yang benar, ritual ini sebagai kebiasaan baru agar wajahmu tetap bersih dan terawat tanpa jerawat, ya. Selamat mencoba!