Sebagai penulis saya tidak pernah lupa untuk memperhatikan kesehatan tubuh sendiri dan juga kesehatan tubuh anggota keluarga. Salah satunya yang rajin keluarga konsumsi adalah jamu tradisional buatan tangan saya sendiri. Biasanya jamu kunyit asam menjadi favorit keluarga termasuk anak saya juga lohh..

Lalu bagaimana cara membuat kunyit asam sendiri, berikut ini caranya:

Bahan:

5 Ruas Kunyit

1 Rusa Jahe

2 Batang Gula Merah

2 Sdm Asem Jawa

500ml Air

Cara membuatnya:

  • Parut kunyit dan jahe hingga halus. Kemudian iris-iris gula merah hingga menjadi sisiran.
  • Rebus air hingga mendidih, angkat air yang sudah mendidih dan campur dengan parutan kunyit, jahe, irisan gula merah, dan asem jawa.
  • Setelah dicampur rata, diamkan selama satu jam hingga tercampur dan setelahnya saring air kunyit asam dan siap disajikan untuk keluarga.

Mudah sekali menyiapkan satu minuman sehat untuk keluarga karena banyak sekali manfaat dari bahan-bahan tradisional seperti kunyit dan jahe. Saya merasakan pengalaman kesehatan untuk tubuh dengan dua pengalaman dibawah ini semenjak rutin mengkonsumsi kunyit asam.

Menghilangkan Bau Badan

Saya dan suami memang memiliki masalah bau badan ternyata semenjak kecil dan solusinya kami menggunakan Deodorant untuk menghilangkan masalah bau tersebut. Tetapi Deodorant hanya sementara menghilangkan bau pada badan karena di siang hari saat matahari terik dan aktifitas di outdoor akan menghasilkan keringat yang berlebih impactnya bau badan muncul. Akhirnya kami rutin meminum kunyit asam setiap sabtu dan minggu, semenjak rutin tidak muncul lagi bau pada badan biarpun berkatifitas di luar saat siang hari.

Menghilangkan Masalah Pencernaan

Punya masalah pencernaan akibat salah makan dan telat makan seperti magh tentunya Anda rasakan sebagai seseorang yang memiliki aktifitas tinggi. Saya dan suami salah satunya yang memiliki aktifitas tinggi dalam dunia kantor dan usaha sampingan jadi kadang makan siang pun tidak terkontrol alias telat. Minum kunyit asem rutin membuat magh saya hilang atau nggak sering muncul kalau lagi hatic dengan kantor atau usaha sampingan. Senyawa pada kunyit ini juga membantu meningkatkan produksi bakteri baik, mengurangi bakteri jahat, serta mengoptimalkan kemampuan usus dalam mencerna dan menyerap nutrisi makanan.