Ibu rumah tangga mengenal sebagai bahan rempah-rempah untuk masak yang biasanya dihaluskan bersama dengan bumbu masak lainnya. Ternyata manfaat lain kemiri yaitu untuk merawat rambut sudah dipercaya dan dilakukan oleh nenek moyang kita pada zamannya. Pemanfaatan kemiri untuk perawatan rambut dilakukan sebagai masker dengan mengolah kemiri menjadi minyak terlebih dahulu.

Saat ini minyak kemiri sudah bisa ditemu di toko-toko kosmetik yang menjualnya dalam suatu kemasan yang dikeluarkan oleh suatu brand kosmetik misalnya. Namun tidak hanya berupa produk minyak kemiri, beberapa produk kecantikan untuk perawatan rambut bisa ditemui memanfaatkan kemiri di dalam komposisinya seperti produk sampo dan conditionernya.

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari perawatan rambut dengan masker minyak kemiri:

Menghitamkan rambut

Minyak kemiri jika dioleskan dan digunakan secara teratur untuk merawat rambut akan membuat rambut menjadi hitam dan berkilau. Dengan tampilan rambut yang hitam dan berkilau akan mempercantik tampilan Anda, selain itu wajah akan terlihat fresh dengan rambut yang hitam.

Mencegah kerontokan

Kemiri memiliki kandungan protein dan mineral yang memiliki manfaat menguatkan akar rambut yang sebelumnya rapuh dan menyebabkan kerontokkan pada rambut. Jika Anda memiliki masalah rambut rontok dan mudah putus, maka minyak kemiri dapat menjadi solusinya. Lakukan perawatan masker kemiri secara teratur pada rambut akan membuat akar rambut menjadi kuat, dan tidak akan terjadi lagi kerontokan yang berlebihan.

Menjadikan rambut lebih tebal

Setelah masalah kerontokan hilang dan daerah yang botak akibat kerontokan tersebut telah tumbuh rambut kembali, maka efek selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah rambut yang lebih tebal. Selain tebal, rambut juga akan lebih kuat dan tidak mudah putus.

Mempercepat pertumbuhan rambut

Kebotakan pada bagian tengah rambut yang disebabkan oleh kerontokkan rambut dan bukan karena hormon pada tubuh bisa di hilangkan dengan melakukan perawatan masker minyak kemiri pada rambut. Minyak kemiri memiliki kandungan protein untuk mempercepat tumbuhnya rambut sehingga akan menutupi daerah yang botak karena kerontokan tersebut.

Jika Anda yang ingin merawat rambut dengan minyak kemiri yang di proses alami, Anda bisa membuatnya secara langsung dengan mudah.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Bahan-bahan minyak kemiri:

  • 250 gram biji kemiri atau sesuaikan dengan minyak yang ingin dihasilkan
  • Air putih

Cara membuat minyak kemiri:

  • Cuci bersih biji kemiri dan haluskan dengan di tumbuk atau menggunakan penghalus biji, hingga menhasilkan tekstur agak kasar atau seperti bubuk. Tidak disarankan menghaluskan kemiri dengan blender, karena akan menyebabkan kemiri eperti mencair.
  • Campur biji kemiri dengan air putih secukupnya, dan peras hingga keluar air seperti santan yang agak mengental. Disarankan menggunakan penyaring berbahan kain saat memeras kemiri.
  • Siapkan wadah panci dan tuangkan air kemiri yang sudah diperas ke dalamnya. Didihkan hingga menjadi minyak, dengan membiarkannya menguap dan tampak kerak minyaknya yang berwarna cokelat pekat.
  • Peras dan masukkan minyak kemiri yang sudah dingin ke dalam botol agar mudah digunakan sehari-hari dan simpan botolnya di kamar mandi.

2 Cara Mudah Menggunakan Masker Kemiri Sebagai Masker Rambut

Cara pertama: Oleskan setiap pagi sebagai minyak rambut. Gunakan sebagai masker rambut 1 jam sebelum melakukan keramas. Pijatlah kulit kepala Anda agar minyaknya bisa meresap dengan baik, dan bilas dengan shampo setelah 1 jam.

Cara kedua: Oleskan di malam hari sebelum tidur dan kemudian bersihkan dengan keramas di pagi harinya. Setelah menggunakan minyak kemiri tersebut, maka kini Anda dapat melihat perkembangan rambut Anda yang semakin indah dan sehat setiap harinya.