Hari ini penulis ingin menshare resep istimewa favorit keluarga Vondanote pokoknya. Tentu saja menunya murah dan mudah di dapatkan di warung adekat rumah atau pasar tradisional.

Yap namanya resep Telor Ceplok Balado, tentu jika yang suka menjadi langganan warteg pasti tahu makanan ini. Sebenarnya bumbu resep ini sama dengan resep telor bulat, jadi suka-suka Anda ingin dengan bentuk telor ceplok atau telor bulat.

 

Bahan-bahan Telor Ceplok Balado

8 Butir telor

1 Buah tomat

10 Buah cabe merah

3 Buah cabe rawit merah

5 Buah bawang merah

5 Buah bawang putih

1 sdm terasi

3 lembar daun salam

1 ruas Lengkuas

Bumbu penyedap: garam, gula, lada bubuk

500ml air putih

Cara membuatnya:

  • Ceplok telor ayam yang sudah disiapkan.
  • Tumis bumbu seperti : tomat, bawang merah, bawang putoh, cabe merah, dan cabe rawit merah. Biarkan hingga agak layu dan sedikit kecokelatan.
  • Haluskan bumbu yang sudah di tumis dan terasi.
  • Panaskan minyak pada wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan daun salam dan lengkuas, aduk hingga wangi.
  • Jika sudah wangi tercium dari bumbu yang ditumis, masukkan air putih dan biarkan hingga mendidih.
  • Setelah air mendidih masukkan telor yang sudah di ceplok, dan masukkan bumbu penyedap seperti: garam, gula, dan lada. Tes rasa sesuaikan dengan rasa keluarga Anda.Biarkan air agak sat pada tumisan telor ceplok balado.

Sajikan telor ceplok balado dengan sayur asem ikan teri, dan tentunya dinikmati juga dengan nasi hangat.

Untuk resep sayur asem ikan teri sudah pernah di share di web Vondanote dan untuk mempermudah bisa langsung cari di search.