Lelah saat pulang kerja tentunya Anda menginginkan untuk merebahkan badan beristirahat sejenak di tempat tidur. Merebahkan badan di tempat tidur dan sprei yang bersih menambah kenyamanan saat istirahat. Namun pastikan apakah sprei yang digunakan masih bersih atau sudah lama tidak diganti, jika sudah lama segeralah mengganti dengan sprei yang baru.

Ciri-ciri sprei sudah kotor

  • Warna sprei sudah mulai kusam dan lusuh.
  • Sprei sudah mulai banyak serabut atau bulu bulu halus yang timbul.
  • Sprei sudah terasa kasar bila diraba.
  • Tercium wangi apek seperti keringat yang menempel pada sprei.
  • Sudah mulai terasa gatal pada tubuh saat tidur.

Jika Anda sudah mengenali ciri-ciri sprei sudah kotor dan harus diganti maka segeralah mengganti sprei dengan yang baru. Ciri-ciri tersebut bukan menjadi patokan sprei harus diganti yang paling penting sebenarnya sprei minimal harus diganti setiap 1 sampai 2 minggu sekali maksimal 4 minggu, tetapi untuk ukuran 4 bulan sepertinya sprei sudah terlalu lama jangka waktunya untuk dilakukan penggantian dan sudah pasti akan terasa gatal-gatal pada kulit saat tidur ditempat tidur. Sebaiknya jika sudah mulai terasa gatal segera dilakukan penggantian sprei agar terhindar dari penyakit kulit.

Cara Membersihkan Sprei Anda Agar Tidur Nyaman.

Merendam sprei

Lakukan perendaman sprei dengan menggunakan deterjen selama 1 malam agar kotoran bisa hilang dari sprei.

Bersihkan noda pada sprei

Bersihkan noda dengan mengguankan deterjen pembersih noda pada sprei yang telah direndam semalaman. Jangan menggunakan sikat atau menyikat sprei untuk membersihkan noda pada sprei agar warna sprei tidak pudar. Membersihkan noda pada sprei sebaiknya dengan cara mengkucek sprei menggunakan tangan.

 

Membilas Sprei

Setelah noda hilang pada sprei silahkan membilas sprei dengan air sebanyak 3 kali. Proses membilas yang semakin banyak akan membersihkan kotoran yang menempel pada sprei.

Mengeringkan Sprei

Mencuci sprei dengan manual sangat dianjurkan di banding menggunakan mesin cuci, karena jika menggunakan mesin cuci tentunya akan membuat warna sprei memudar. Setelah selesai proses bilas pada sprei silahkan mengeringkan dengan menggunakan pengering yang ada pada mesin cuci.

Menjemur Sprei

Jemurlah sprei secara terbalik dimana bagian dalam sprei menjadi bagian luar yang terkena sinar matahari, hal ini dilakukan agar warna sprei tidak pudar.

Setrika Sprei

Setelah kering sebaiknya sprei langsung di setrika agar rapih dan bersih dari debu. Saat setrika sprei sebaiknya panas yang digunakan sedang dan gunakan pewangi pakaian untuk menghilangkan bau apek atau bau diterjen saat sprei dicuci.

Setelah sprei bersih dan wangi tentunya saat digunakan akan semakin membuat betah Anda untuk berlama-lama ditempat tidur atau bahkan ingin segera merebahkan badan setelah pulang kantor. Selain sprei dan tempat tidur yang bersih, usahakan kamar Anda juga bersih. Sebaiknya membersihkan kamar dan tempat tidur telebih dahulu sebelum tidur dan sesudah tidur, supaya tidur malam Anda lebih nyaman.