Bubur kacang hijau sangat popular sebagai sarapan pagi atau menu buka puasa saat bulan Ramadhan tiba. Bubur kacang hijau yang bahan pokoknya kacang hijau memiliki manfaat untuk tubuh seperti kesehatan jantung, tulang, penurunan berat badan, mencegah kanker dan Diabetes.

Menurut Wikipedia.org kacang hijau memiliki kandungan seperti kalsium, fosfor, asam lemak tak jenuh, vitamin B1. Sehingga kandungan yang dimiliki kacang hijau sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia, dan kandungan multi protein yang dimiliki kacang hijau memiliki fungsi menggnati sel mati dan membantu menumbuhkan sel baru. Jadi tidak ada salahnya mengganti menu sarapan pagi dengan bubur kacang hijau yang sehat terutama untuk tubuh anda dan anak.

Cara membuat bubur kacang hijau:

Bahan

1 gelas kacang hijau cuci bersih

5 sdm gula merah

4 sdm gula pasir

½ gelas santan dari setengah butir kelapa

2 batang kayu manis

6 biji cengkih

2 ruas jahe yang di geprek

2 bks vanilla

air putih (sesuaikan dengan kebutuhan)

Cara membuat

  • Rebus bubur kacang hijau hingga agak pecah dan tambahkan air jika air rebusan berkurang. Setelah agak sedikit pecah masukkan semua bahan lainnya yaitu gula merah, gula pasir, kayu manis, cengkih, jahe dan vanilla. Setelah semua bahan tercampur rata, jangan lupa untuk cek rasa dan sesuiakan rasa manis dengan keinginan anda. Tapi sebagai saran bubur kacang hijau akan lezat jika dinikmati dengan rasa tidak terlalu manis. Terakhir dari semua proses memasak adalah mencampurkan santan kedalam bubur kacang hijau.

Semoga resep ini bermanfaat untuk anda yang ingin memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan bermanfaat untuk tubuh. Mulailah mencoba mengganti sarapan pagi dengan bubur kacang hijau ini misalnya seminggu 3 kali. Alternative lain kacang hijau bisa menjadi varian menu menjadi agar-agar bubur kacang hijau. Jadi mulailah menyiapkan menu sarapan pagi berbahan dasar kacang hijau, untuk resep kacang hijau sendiri bisa di cek di YouTube.