Sudah lama tentunya saya tidak mengisi rubrik Hobby di Vondanote yang kebanyakan berisi tips atau cara. Biasa mengisi dengan resep masakan dan tentang berita seputar IT tentu ada juga tentang kecantikan. Kali ini saya mau berbagi tips seputar menghilangkan mata panda atau kantung mata yang menghitam dibagian bawah mata. Mata panda menyebabkan penampilan pada wajah tidak fresh dan terlihat kusam.

Apa penyebab terjadinya kantung mata?

Penyebabnya cukup beragam dan tidak hanya berhubungan dengan kelelahan dan kurnag tidur. Tetapi salah satu penyebab terjadinya kantung mata adalah karena kurang tidur. Menurut penelitia para ahli kesehatan jika Anda kurang tidur, maka hormon pada tubuh lebih banyak daripada mereka yang cukup tidur. Hormon inilah yang bisa menyebabkan munculnya kantung mata serta penuaan dini. Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan kantung mata timbul yaitu dehidrasi, anemia, alkohol, merokok, terkena sinar matahari, dan menggunakan make up yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab terjadinya mata panda.

Bagaimana Menghilangkan Kantung Mata Yang Menghitam?

Banyak cara untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam, dengan konsul ke dokter kecantikan atau dengan bahan-bahan almi. Kali Anda harus mencoba cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami. Sudah pasti perawatan alami akan menghemat biaya dan tidak ada efek samping seperti iritasi kulit, jika dibandingkan Anda ke dokter kecantikan dan menggunakan produk cream kulit yang belum tentu kandungannya cocok dengan kondisi kulit wajah Anda. Berikut tiga bahan alami yang mudah, murah dan sering Anda temui di dapur.

Masker Bengkoang

Buah Bengkoang dipercaya memiliki kandungan vitamin C dan B1 yang cukup tinggi. Kandungan ini ternyata cukup bermanfaat untuk memutihkan kulit Anda secara alami. Selain itu kandungan air pada begkuang juga mampu menghilangkan kantung mata Anda secara alami. Anda bisa membuat masker bengkoang untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam.

Cara membuat masker bengkuang:

  • Buah bengkuang yang sudah dibersihkan dari kulitnya bisa diparut dengan menggunakan parutan.
  • Oleskan masker bengkuang ke seluruh permukaan wajah selama 30 menit sampai 1 jam dan pada bagian mata Anda bisa menutupnya dengan potongan mentimun.
  • Setelahnya Anda bisa membersihkan masker bengkuang yang ada di wajah dengan menggunakan handuk yang sudah di celupkan air hangat dan selanjutnya cuci bersih muka dnegan air dingin yang didalamnya ada batu es. Untuk ahsil yang maksimal Anda bisa melakukannya selama 6 bulan secara rutin 3kali dalam satu minggu.

Kompres Kantung Mata Dengan Es Batu

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat es yang dingin ternyata mampu memberikan kesegaran pada kulit. Maka es batu terbukti cukup efektif untuk menghilangkan kantung mata Anda. Lalu bagaimana caranya memanfaatkan es batu agar kantung mata Anda menghilang? Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengoleskan es batu yang sudah dilapisi oleh kain bersih atau mengoleskan es batu secara langsung ke kantung mata Anda apabila sudah cukup parah.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau virgin oil yang sering Anda gunakan untuk memasak tenryata memiliki manfaat untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam. Minyak zaitun mengandung zat besi, omega 3, kalsium, polifenol, squalene, kalium, serta kaya akan vitamin A, B, C, D, E, dan K. Kandungan vitamin E yang dimiliki minyak zaitun ini dapat mengencangkan kulit dan mencegah keriput pada area mata. Selain itu, kandungan vitamin K juga dapat memproduksi kolagen sehingga dapat mengurangi lingkar hitam pada mata. Dengan begitu, kamu bisa ucapkan selamat tinggal pada mata pandamu.

Cara menggunakannnya:

  • Oleskan minyak zaitun ke kantung mata setiap sehabis mandi dan diamkan selama 30 menit
  • Beri pijatan yang lembut lalu bilas dengn air dingin hingga bersih

Selain 3 bahan alami yang mudah ditemukan dan dipraktekkan untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam, ternyata ada satu cara yang paling alami dan mudah Anda lakukan yaitu memiliki waktu tidur yang berkualitas. Banyak orang yang merasa jika mereka sudah memenuhi waktu tidur tapi kantung mata masih juga muncul. Tidur tidak hanya sekedar tidur tapi kita harus memastikan bahwa tidur tersebut sudah berkualitas, bahkan dengan waktu sebentar pun kita bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Untuk mengetahui apakah tidur kamu berkualitas atau tidak maka rasakan ketika kamu terbangun dari tidur, jika kamu sudah merasa segar bisa dipastikan jika tidurmu sudah berkualitas, namun jika belum maka cari tahu kenapa tidurmu tidak berkualitas, kemungkinan karena ada yang kamu pikirkan dan cukup mengganggu.