Di awal bulan tentunya tidak harus selalu menyajikan menu mewah dengan bahan-bahan makanan mahal atau sulit cara memasaknya. Sayur yang akan saya sajikan bisa menjadi menu sehat, sederhana juga simple diawal bulan bagi para ibu. Menu kali ini adalah sayur Gulai Daun Singkong yang disajikan dengan tambahan toping ikan teri dan irisan petai, bagaimana menarik untuk dicoba tentunya.

Bahan-bahan

1 keris pete

1 ons teri medan

1 ikat daun singkong

Secukupnya santan atau mengguankan santan cair siap pakai

Bumbu yang dihaluskan

11 buah cabe rawit

5 siung bawang merah

1 siung bawang putih

1 buah kemiri

1 jari kelingking kunyit

1 jempul lengkoas geprek

2 lembar daun salam

1 batang sereh geprek

Bumbu Penyedap: garam, gula, kaldu bubuk.

Langkah

Cuci daun singkong dan rebus setelahnya dengan memberikan sedikit garam. Jika daun singkong sudah empuk atau layu, angkat dan cuci dengan air dingin.

Daun singkong yang sudah dingin bisa diperas dan di potong-potong. Ukuran pemotongan sesuai selera.

Kemudian siapkan wajan denagn minyak yang dipanaskan. Goreng semua bumbu halus sampai layu, setehanya dingingkan dan haluskan bumbu dengan menggunakan blender atau ulekan.

Tumis kembali bumbu yangg sudah di haluskan bersama daun salam, sereh dan lengkuas. Jika bumbu sudah harum masukan air dan aduk hingga rata sambil memberikan bumbu penyedap garam, gula, kaldu bubuk. Jika sudah mendidih masukan santan dan aaduk sebentar, setelahnya masukkan daun singkong, teri yang sudah digoreng dan pete yang sudah di iris. Tunggu sebentar koreksi rasa dan angkat.

Sajikan sayur daun singkong teri ini dengan nasi hangat dan tamabhan lauk ayam goreng atau ati ampela goreng. Jika Anda tidak menyukai pete mungkin bisa di tiadakan karena ini hanya opsi untuk menanbah selera makan bagi yang suka dengan pete.