Merawat wajah dengan bahan alami sangatlah di anjurkan terumtama bagi kaum wanita. Selain tidak mahal dan kesehatan pada wajah anda akan alami tanpa gangguan efek samping. Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk merawat wajah anda anadalah buah Mentimun.

Kandungan Pada Buah Mentimun:

  • Buah mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit wajah.
  • Buah Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

Manfaat masker mentimun sebagai peerawatan wajah yaitu kandungan sari mentimun memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. Selain terdapat kandungan Asam Askorbat dan Asam Caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang bisa mengurangi pembekakkan pada saat kantung mata terlihat tebal akibat kelelahan.

Membuat masker dengan buah mentimun ternyata juga bisa mencampurnya dengan bebrapa bahan. Bahan-bahan tersebut tentunya akan menambah nilai manfaat untuk perawatan wajah anda jika digunakan sebagai masker saat bersamaan. Berikut cara membuat masker dengan menggunakan buah Mentimun dan beberapa campuran bahan.

Masker Mentimun dan Madu

Bahan
1 buah mentimun (haluskan)

3 sdm madu

Masker Mentimun & Yoghurt

Bahan

1 buah mentimun (haluskan)

3 sdm yoghurt tawar

Manfaat Yoghurt yaitu terdapat kandungan asam laktat di dalamnya yang mampu menjaga kekencangan kulit secara alami dan mencegah terjadinya penuaan dini. Tanda penuaan dini antara lain seperti keriput, kusam, kerutan, garis-garis, dan sejenisnya.

 

Masker Mentimun dan Lemon

 Bahan

1 buah mentimun (haluskan)

1 buah lemon yang diambil airnya

 Kandungan pada buah Lemon yang masam yaitu senyawa antibakterial, antioksidan, dan anti-inflamasi yang dapat merawat kulit menjadi kencang secara alami, mencegah jerawat dan komedo, mengatasi flek hitam, dan bahkan kandungan vitamin C-nya dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Masker Mentimun dan Putih Telur

Bahan

1 buah mentimun (dihaluskan)

1 butir telur yang diambil putih telurnya (dikocok halus)

Putih telur memiliki manfaat untuk wajah yaitu mengatasi jerawat dan mengencangkan kulit secara alami. Putih telur mengandung senyawa protein dan asam amino cukup tinggi, yang mana kandungan tersebut sangatlah baik untuk menutrisi sel-sel kulit wajah.

 

Masker Mentimun dan Buah Tomat

Bahan

1 buah mentimun (haluskan)

1 buah tomat (haluskan)

Buah tomat dengan mentimun sudah tidak diragukan lagi yakni bisa menghilangkan flak hitam di wajah akibat bekas jerawat. Maka jika dipadukan hasilnya flek hitam pada wajah akan hilang secara alami dari masker ini.

 Cara Membuat & Aplikasi

  • Campur buah mentimun yang sudah dihaluskan dengan bahan campuran yang anda inginkan. Aduk rata hingga seperti sebuah adonan pasta.
  • Bersihkan kulit wajah dari make up sebelum mengoleskan masker pada wajah. Keringkan wajah dengan handuk.
  • Oleskan masker buah mentimun dan madu secara merata ke permukaan wajah.
  • Lakukan pijat ringan dan lembut menggunakan jari tangan kebagian wajah yang sudah di masker.
  • Setelahnya diamkan masker kira-kira selama 30 menit – 1 jam.
  • Jika sudah agak mengering permukaan masker, bilas dengan air dingin hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, sebagai sentuhan terakhir gunakan pelembab alami seperti minyak zaitun.