Sepertinya tidak ada habisnya Baking Soda dibahas dengan berbagai kemampuanya, dari mulai menghilangkan bau apek hingga efektif mebersihkan noda pada pakaian. Baking Soda tergolong cukup lembut untuk digunakan pada semua bahan kain, namun gunakan sesuai takaran.

Kali ini akan dibahas bagaimana cara baking soda bekerja untuk membersihkan noda pada pakaian secara efektif.

  • Campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga mengental seperti fla pudding, dan tambahkan 1 sendok sitrun kedalam adonan tersebut. Baking soda digunakan untuk menghilangkan noda yang disebabkan oleh minyak, pelumas padat, tanah, makanan dan zat lainnya.
  • Oleskan pasta baking soda ke area pakaian yang terkena noda dan gosokan secara perlahan, dan biarkan selama 15 menit. Sebagai saran jika noda terdapat pada pakaian berkain tebal seperti jaket dan denim, Anda bisa menggosoknya secra halus dengan sikat gigi, cara ini untuk memastikan soda kue mengenai semua serat pakaian. Jangan menggosok soda kue pada kain yang lembut. Kain sutra, satin dan kain tipis lainnya dapat mengerut jika digosok.
  • Bilaslah pakaian jika area yang diberikan baking soda sudah mengering dengan mengalirkan air hangat pada pakaian, untuk membilas baking soda beserta nodanya.
  • Jika noda pada pakaian belum bersih benar ulangi proses mengolesi pasta pada baju dan biarkan 15 menit hingga menegering lalu bilas pakaian dengan air hangat. Bagaiaman jika noda tetap menempel setelah dilakukan perawatan berulang menggunakan baking soda?

Jawabannya: Anda mungkin memerlukan penghilang noda berbahan kimia atau bawalah kain ke jasa pelayanan cuci professional, karena noda pada pakaian mengandung kimia yang sulit di keluarkan dari serat pakaian.