Saya termasuk yang sibuk berkarir didepan komputer setiap hari termasuk di hari Sabtu dan Minggu. Sering sekali tidak punya waktu untuk sekedar perawatan ke Salon atau Klinik kecantikan sekedar perawatan wajah. Hasilnya wajah tampak mulai kering dan tidak bersih, tentu memerlukan perawatan yang ekstra, tapi malas untuk perawatan.

Akhirnya saya mencoba untuk meluangkan waktu dengan melakukan perawatan wajah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah. Tentu perawatan wajah tidak selalu harus dengan bahan mahal, apalagi ketika saya memutuskan untuk membuat masker wajah menggunakan putih telur. Banyak sekali yang membahas manfaat dari masker putih telur untuk wajah.

Perlu Anda ketahui membuat masker dari bahan-bahan alami cocok untuk Anda yang tidak ingin mengambil resiko dan yang memiliki kulit sensitif, perawatan yang paling tepat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Walaupun dalam pembuatan dan perawatannya akan memakan waktu lama dan ribet, tapi hasilnya lebih terjamin untuk kulit wajahmu. Selain itu perawatannya cukup luangkan waktumu 1 kali sehari selama sekitar 30 menit setiap hari, secara bertahap kulitmu akan menampakkan hasilnya.

Cara Membuat Masker Putih Telur

Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit, sebelum wajah di olesi dengan masker. Pecahkan telur, lalu pisahkan putih telur dari bagian kuningnya. Kocok lepas putih telur dan tambahkan perasan jeruk lemon. Aplikasikan putih telur pada wajah menggunakan kapas. Diamkan selama 10-15 menit atau semalaman.

Setelah selesai menggunakan masker putih telur, cuci wajah dengan air hangat. Kemudian kompres wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka saat membersihkan masker menggunakan air hangat.

Manfaat Alami Masker Putih Telur

Mencerahkan, Memutihkan, dan Menyegarkan Kulit Wajah

Putih telur mengandung lebih banyak protein dibanding kuning telurnya, yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencerahkan kulit. Jika Anda ingin memiliki wajah yang putih alami tanpa make-up, cukup oleskan masker putih telur tanpa campuran lainnya tiap malam, dan temukan kecerahan kulitmu di pagi hari. Pemakaian masker putih telur secara rutin akan menghasilkan kulit wajah yang cerah, putih dan menyegarkan.

Menghilangkan minyak pada kulit wajah

Memiliki kulit wajah dengan tekstur berminyak terlihat mudah kusam saat berkeringat. Hal ini bisa menjadi faktor timbulnya jerawat di wajah, karena kulit berminyak sangatlah sensitif. Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak, perlu perawatan ekstra dibanding jenis kulit lainnya. Masker putih telur dengan kandungan magnesiumnya dapat membantu mengurangi kadar minyak dan memperlambat proses penuaan kulit. Dapat ditambahkan kandungan vitamin C seperti pada jeruk nipis atau buah lemon untuk mengangkat sel kulit mati dan menyehatkan kulit dan mengurangi kadar minyak pada wajah.

Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat lainnya yang di dapat dari penggunaan masker putih telur adalah menghaluskan kulit wajah. Kandungan kolagen dan riboflavin pada putih telur dapat membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, melindunginya dari radikal bebas, dan mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit lebih halus dan lembut disentuh. Jika ingin memiliki kulit wajah halus namun tetap sehat, maka cukup campurkan olahan putih telur dengan perasan jeruk nipis atau lemon, akan menambah kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Mengatasi Mata Panda dan Berkantung

Anda yang sibuk seharian di depan komputer atau berkatifitas ke klien tentu tidak dapat menghindar dari keseibukan tersebut, apalagi jika sudah muali lembur karena dateline kerjaan. Hal itu akan berpengaruh pada kulit wajah yang akan kusam terlihat lelah terutama di area mata. Terlalu lelah dan kurang tidur akan memunculkan lingkarang hitam di sekitar matamu seperti panda dan mengurangi kecerahan kulitmu, sehingga penampilanmu menjadi kurang sempurna. Maka rawatlah wajah dengan rutin menggunakan masker putih telur yang akan mencerahkan kulit wajah di sekitar lingkar mata.

Menghilangkan Komedo di Sekitaran Hidung

Komedo yang menempel di sekitaran lubang hidung tentu sangat mengganggu kecantikan wajah. Wajah Anda dikatakan berkarakter berminyak jika disekitaran hidung etrdapat komedo. Fungsi dari masker putih telur ini yaitu membasmi komedo yang menempel di wajah jika digunakan secara ruti. Anda hanya tinggal mencelupkan kapas di putih telur dan menempelkan kapas tersebut di area hidung. Biarkan semalaman dan paginya Anda bisa mencabut kapas yang menempel di hidung secara perlahan, akan nampak komedo menempel di area kapas. Lakukan tiap hari, dan komedomu tidak akan kembali.

Melembapkan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Putih telur memiliki kandungan kalium dan vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan dan meregenerasi kulit wajah. Sehingga kulit baru pada wajah muncul dan lebih kencang, serta membantu mengurangi garis-garis halus pada wajah sehingga menunda tanda-tanda penuaan. Anda bisa memvariasikan masker putih telur dengan menambahkan buah alpukat yang mengandung minyak esensial dan asam amino akan membantu meningkatkan kadar minyak pada kulit dan melembabkan kulit sehingga lebih cerah dan segar.

Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat di Wajah

Sering tidak percaya diri dengan bekas jerawat yang hitam di wajah, manfaat masker putih telur dapat menyamarkan noda bekas jerawat dan luka di kulit. Gunakan sebelum masker telur sebelum tidur secara rutin, maka noda jerawat akan berangsur-angsur menghilang. Kamu dapat menambahkan jeruk nipis atau buah lemon untuk lebih mencerahkan dan mengencangkan kulit saat bangun di pagi hari.

Kapan waktunya menggunakan masker putih telur?

Waktu menggunakan masker alami dari putih telur sebaiknya seminggu tiga kali selama 30 – 60 menit atau sebelum tidur, dan dapatkan kesegaran kulit wajah kembali di pagi hari. Anda dapat mencampur masker putih telur dengan bahan alami lainnya, misalnya sari buah alpukat, wortel, jeruk nipis dan buah lemon atau madu untuk menambah kelembaban pada kulit wajah. Tentu Anda harus rutin melakukannya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai harapan yaitu kulit wajah yang cerah, lembab, dan segar.

Masker wajah biasa digunakan untuk memberi kelembapan, membuka pori-pori, dan mencerahkan wajah saat bangun pagi nanti. Anda dapat mengganti masker yang biasa di beli dengan yang berbahan alami seperti putih telur. Selain untuk bahan makanan, putih telur ternyata memiliki berbagai kandungan dan khasiat yang bermanfaat untuk kulit wajah, seperti memutihkan, membersihkan, menyegarkan, menghaluskan, dan mengencangkan kulit.