Merawat wajah sangat disarankan untuk seorang wanita secara rutin dilakukan. Dengan perawatan wajah rutin Anda akan mendapatkan hasil wajah yang bersih dan terlihat segar atau sehat. Namun ada saja urusan pastinya ketika Anda ingin melakukan perawatan wajah ke salon kecantikan atau dokter kecantikan, apalagi jika salon kecantikan Anda jauh dari rumah. Kemalasanpun menghampiri diri Anda yang sudah lelah berkarir seharian dan harus menyempatkan waktu merawat wajah.

Selain menjadi wanita karir mungkin sebagian dari Anda juga berperan sebagai ibu rumah tangga yang mana sudah tidak mungkin memikirkan kecantikan wajah. Saya sebagai penulis terus terang merasakan hal yang sama dengan Anda. Tetapi konsep merawat wajah sebenarnya tidak harus ke salon atau dokter kecantikan ataupun menggunakan produk-produk kecantikan mahal dan menyusahkan Anda seharian merawatnya. Sebenarnya melakukan perawatan wajah bisa dengan simple Anda lakukan tanpa harus menghabiskan waktu banyak dan mengeluarkan budget yang luar biasa.

Tips merawat wajah simple dan sederhana

Gunakan pelembab wajah sebelum ber make-up dan tidur

Wanita tentu saja tau fungsi pelembab yang mampu menjaga kulit wajah dari teriknya sinar UV saat beraktifitas menuju kekantor misalnya. Maka pilihlah pelembab yang cocok dengan kulit wajah, rutinlah menggunakan pelembab saat sebelum bermake-up dan sebelum tidur agar lapisan kulit di wajah terus lemab dan terjaga. Dengan menggunakan pelembab wajah secara teratur, maka anda dapat mencegah munculnya penuaan dini, yaitu kulit yang mulai menjadi keriput, munculnya garis-garis pada wajah, dan juga munculnya noda hitam pada wajah.

Gunakan Toner & Cleanser setelah seharian ber make up

Setelah seharian muka beraktifitas diluar rumah maka sudah saatnya setelah pulang dari aktifitas di rumah Anda menyempatkan waktu sekitar 15 menit untuk membersihkan wajah. Lakukan membersihkan wajah dengan menggunakan toner dan cleanser milk-nya untuk menghilangka debu dan bekas make up yang menenpel di wajah. Wajah juga perlu waktu untuk diperhatikan sebentar dan di istirahkan tanpa make up sejenak. Manfaat pembersihan wajah ini akan menghindari wajah dari timbulnya jerawat dan komedo.

Gunakan masker wajah

Perawatan rutin lainnya yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan masker wajah secara rutin seminggu sekali paling sedikit dan sebaiknya 2 minggu sekali Anda menggunakan masker wajah. Masker wajah diketahui memiliki peran yang cukup penting untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat.  Pada umumnya, orang menggunakannya ketika melakukan facial di spa atau pusat perawatan wajah. Tapi, bila Anda tidak sempat datang ke tempat perawatan wajah, Anda tetap bisa melakukannya di rumah. Saat ini banyak sekali tersedia ragam masker beserta kelebihannya masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit wajah Anda.

Ada banyak manfaat menggunakan masker wajah, misalnya seperti masker untuk kulit kering yang bertujuan menghidrasi dan mengembalikan kelembapan kulit, atau masker bervitamin untuk membantu mencerahkan kulit kusam. Selain itu masker memiliki manfaat untuk mengencangkan dan melembabkan kulit kembali.

Menguapi wajah dengan air hangat ala spa di rumah

Setelah bermaskeran selama 2 jam sebaiknya Anda menyempatkan untuk menguapi wajah yang ternayta memiliki banyak manfaat utnukw ajah. Ternyata menguapi wajah menjadi ritual bagi bangsa Yunani dan Romawi dan bukan sekadar sebagai ritual kecantikan, namun juga baik untuk kesehatan. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu ke spa atau salon kecantikan. Manfaat menguapi wajah yaitu embun yang muncul di kulit saat penguapan adalah keringat yang mendorong kumpulan sisa kotoran di wajah dan kulit mati tersembunyi yang tidak bisa terhapus saat Anda membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka atau susu pembersih. Selain itu uap juga mampu mengurangi dan membantu menghilangkan bintik hitam dan putih semacam komedo di wajah. Namun saya menyarankan Anda tidak melakukannya setiap hari. Karena dapat membuat kulit kering dan keriput. Satu atau dua kali dalam satu bulan bisa jadi ideal. Menguapi wajah tidak disarankan untuk wajah yang berjerawat atau sedang mengalami iritasi.

Dari keempat tips tersebut tentu tidak ada yang sulit dan semuanya sangatlah sederhana. Produk yang digunakan tentu tidak perlu mahal, biasanya kalau saya hanya menggunakan produk pelembab dan toner dari Ponds. Kemudian untuk masker saya biasanya menggunakan Garnier atau sesuka saya. Sesekali Anda juga boleh mencoba masker wajah dengan bahan-bahan alami dengan masker buah timu atau buah-buah lainnya. Sayapun juga seskali melakukan masker dengan bahan alami agar kulit benar-benar menerima nutrisi yang baik didalamnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.