Sudah lama rasanya saya sebagai penulis, wanita karir dan ibu rumahtangga ini tidak menyalurkan hobi menulis resep. Hari ini saya mau memberikan resep cara membuat salad yang sayurannya khas Indonesia punya. Kenapa Indonesia punya? Karena saat ini salad menjadi salah satu trend makanan sehat kekinian kaum milenial, lihat saja bentar-bentar update foto makanan sehat atau makanan kekinian lainnya.

Trend makanan salad yang hadir di Indonesia banyak menggunakan sayuran import yang harganya tentu tidak ramah dikantong Anda, karena mau hidup sehat tapi biaya makannya mahal daripada sebuah ayam goreng. Tapi Anda bisa mulai memanfaatkan sayuran-sayuran Indonesia yang murah dan ramah kantong untuk dibuat salad. Yuk buat salad-nya..

Bahan Salad:

2 Buah Mentimun

Daun salad hijau (sesuai selera untuk banyknya)

1 Buah Jagung manis (dipipil)

2 Buah Telur Rebus

Saus Salad

3 Sdm olive oil

3 Sdm Mentega

1 Buah Lemon

3 Sdm Sari buah Apel

Cara Membuatnya:

  • Iris-iris sayuran seperti mentimun dan daun salad sesuai selera, untuk jagung bisa di pipil. Campur semua sayuran dalam satu wadah dan aduk jadi satu.
  • Untuk saus siapkan wadah masukkan olive oil, mentega yang sudah di cairkan, air perasan jeruk lemon, dan sari buah apel bisa dari kemasan yang siap saji. Campur saus salad menjadi satu.
  • Masukkan saus salad ke sayuran yang sudah di campur dan aduk rata hingga saus tercampur rata keseluruh bagian sayur. Salad sayur bisa di nikmati dengan tambahan telur rebus yang sudah di iris.

Sangat mudah bukan untuk membuat salad sayuran khas Indonesia, bahannya murah dan ramah dikantong ibu-ibu yang mau diet. Untuk daun salada bisa di variasikan dengan daun kol, atau daun bayam, dan aneka daun yang biasanya bisa dilalap di Indonesia dengan sambal. Jadi biasanya Anda menikmati aneka lalapan dengan sambel kini bisa digantikan dengan saus salad.