Pernah baca menu Tumis tauge ikan asin di salah satu daftar menu Restaurant Seafood D’Cost? Atau mungkin anda sudah mencoba menu tersebut. Menu ini termasuk pelengkap sayuran yang disajikan saat bersama menu utama yaitu Seafood. Rasanya yang dipadu dengan ikan asin akan menambah nafsu makan anda pastinya. Namun anda tidak perlu jauh-jauh harus mengunjungi D’Cost hanya untuk mencicipi menu ini. Saya akan memberikan resep cara membuatnya, jadi anda bisa mencobanya dirumah untuk disajikan saat makan bersama keluarga tercinta.

Bahan yang disiapkan:

¼ Kg tauge (yang sudah dibersihkan ujung akarnya)

Ikan asin jambal roti secukupnya atau sesuai selera (di iris dadu dan di goreng jangan terlalu kering)

1 ikat daun bawang (di iris sebesar 1cm)

Air secukupnya

Bumbu:

5 siung bawang putih di iris halus

5 siung bawang merah di iris halus

3 siung cabai merah dipotong serong

1 buah tomat merah dipotong dadu

2 lembar daun salam

1 ruas lengkuas di geprek

2 lembar daun jeruk

1sdt terasi bubuk

Garam

Gula

Lada bubuk

Cara membuatnya:

  • Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu yang sudah disiapkan. Jika minyak goreng sudah agak panas maka tumis bumbu seperti: bawang putih, bawang merah, cabai merah, tomat, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan terasi. Tumis bumbu hingga harum dan agak sedikit layu.
  • Saat bumbu yang ditumis sudah layu masukan air secukunya, diamkan hingga mendidih dan tercampur bumbu. Masukkan garam, gula, dan lada bubuk sesuai selera dan tes rasa. Setelah rasa pada air tumisan sesuai masukkan tauge dan daun bawang, serta aduk-aduk hingga meresap. Setelahnya terakhir taburi tumisan tauge dengan ikan asin jambal roti yang sudah di iris dan di goreng matang, aduk dan tumis masakkan hingga tercampur rata. Siap disajikan tumis tauge ikan asin bersama tempe goreng tepung dan nasi hangat.
  • Sebagai catatan jangan merebus tauge terlalu lama, karena tauge mudah atau cepat layu. Kemudian saat tes rasa sebaiknya pemberian garam di sesuaikan karena ada rasa asin tambahan yang dihasilkan dari terasi dan ikan asin, sebaiknya cek rasa kembali sebelum masakan dimatikan. Untuk memastikan bahwa rasa masakan sudah pas dan sesuai selera.