Menjelang lebaran para ibu akan sibuk mempersiapkan hidangan untuk keluarga yanga akan hadir di hari raya Idul Fitri. Terutama menu daging menjadi menu hidangan utama yang akan dinikmati sebagai lauk dengan hidangan ketupat sayur.

Kita ketahui bahwa daaging merupakan salah satu bahan masakan yang kaya akan protein. Meskipun harganya relatif mahal dan tidak normal menjelang lebaran, tetapi daging masih banyak diburu dan setelah diolah akan menjadi makanan primadona hampir semua orang.

Namun beberapa penjual daging banyak yang memanfaatkan momen lebaran dengan menjual daging yang ttidak sehat atau kurang segar. Banyak sekali orang yang merasa tertipu ketika membeli daging sapi baik di pasar atau di supermarket, hal ini disebabkan karena kita kurang memiliki pengetahuan dalam memilih daging yang benar-benar sehat dan baik untuk dinikmati keluarga sebagai sebuah hidangan lauk yang enak.

Sebenarnya ada beberapa tips yang harus dilakukan ketika anda membeli atau memilih daging sapi. Tips ini sangat bermanfaat sekali terlebih lagi bagi anda yang masih awam dan ingin mendapatkan daging sapi yang baik, sehat dan segar.

Perhatikan Warna Daaging

Membedakan daging yang Anda beli dalam keadaan baik atau busuk caranya yaitu dengan memperhatikan warna daging itu sendiri. Daging yang memiliki kualitas baik biasanya mempunyai warna merah yang masih sangat segar sekali serta tidak terlihat pucat dan kotor.

Cium Aroma Pada Daging

Daging sapi segar biasanya akan tercium aroma daging yang segar, tidak tercium bau busuk atau bau amis. Meskipun saat Anda mencium bau amis yang sedikit, akan lebih baiknya jika Anda mengurungkan niat untuk membelinya.

Lihat Tekstur Daging

Jika Anda mendapati tekstur daging yang kenyal serta posisinya kembali seperti semula ketika di tekan, maka bisa dipastikan bahwa daging tersebut masih dalam keadaan segar atau baru. Sebaliknya, jika daging saat Anda tekan terasa lembek, maka urungkan untuk membelinya karena daging sudah dalam keadaan tidak segar.

Hindari Memilih Daging Dalam Keadaan Beku

Daging yang beku memanglah baik, namun perlu Anda ketahui juga bahwa kesegarannya kurang. Namun, jika tidak ada lagi pilihan dan Anda harus membeli daging dalam keadaan beku, maka Anda bisa memilih daging yang tidak terdapat bunga es, karena daging yang seperti itu merupakan daging yang sudah lama.

Hindari Memilih Daging Berair

Ketika Anda membeli daging, tentu saja Anda melihat daging dengan posisi yang digantung. Ketika itu, anda harus memastikan bahwa Anda tidak memilih daging yang berair, karena bisa saja daging tersebut adalah daging glonggongan. Namun, jika yang menetes pada daging adalah darah, maka tidak masalah jika anda membelinya, karena itu merupakan sari daging sapi tersebut.

Cek Sertifikat Halal Jika Ada

Supplier atau penjual daging yang halal dan profesional tentu mempunyai izin halal dari pihak MUI, dan biasanya mereka para penjual akan memasang sertifikat halal di setiap tempat pemotongan atau tempat jualnnya. Pastikan Anda membeli daging dari penjual / supplier daging yang mempunyai izin halal, dengan bertanya langsung ke penjual daging jika tidak ada sertifikat halal yang terpasang pada area lapak.

Nah, itulah tips memilih daging sapi yang masih dalam keadaan sehat atau segar. Janganlah membeli daging dengan sembarangan, karena selain mempengaruhi masakan yang anda buat menjadi tidak sempurna, juga akan merugikan kesehatan diri sendiri berserta seluruh keluarga. Jangan lupa share tips ini kepada sahabat atau teman anda, berikan juga komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.