udang

Long weekend setelah Pemilu tentu membuat waktu saya banyak menyalurkan hobby dari menulis artikel di Vondanote dan update menu masakan. Lagi-lagi dengan menu simple saya yang tentu enak dan favorit keluarga yaitu Tumis Udang Kacang Panjang dan Bakwan Sayur Sawi.

 

Resep Tumis Udang Kacang

Bahan:

¼ Kg Udang yang sudah di buang kepalanya.

½ Kg Kacang Panjang

Bumbu:

5 Butir bawang merah

5 Butir bawang putih

5 Buah cabai merah

2 Buah cabai rawit merah

1 Ruas jahe

2 Sdm saus tiram

2 Sdm kecap asin

1 Sdm gula pasir

garam Secukupnya

Cara Membuat:

  • Siangi udang dengan mengupas kepalanya dan untuk kacang panjang di potong-potong panjang sesuai selera.
  • Iris-iris bumbu seperti: bawang merah, bawang putih, cabai, dan jahe.
  • Panaskan minyak dan mulai menumis semua bumbu yang sudah di iris hingga wangi dan kecokelatan. Setelahnya masukkan air dan biarkan agak mendidih. Setelah mendidih masukkan bumbu saus tiram, kecap asin, gula pasir dan garam, jangan lupa untuk tes rasa.
  • Baru masukkan kacang panjang dan tumis hingga agak empuk. Setelah empuk masukkan udang dan tumis hingga berwarna orange.
  • Jangan tumis hingga kacang layu karena rasanya akan berbeda saat dimakan, maka pastikan kacang empuk dan udang orange di saat yang sama.

udang

 

Resep Bakwan Sayur Sawi

Bahan:

1 Buah Jagung

2 Buah Wortel

5 Lembar sawi Putih

¼ Kg Tepung Terigu

1 Butir Telur

Bumbu:

1 Sdm garam

½ Sdm gula

1 sdm bawang putih bubuk

½ Sdm lada

Cara Membuat:

  • Pipil jagung manis dan tumbuk hingga pecah setiap butirnya. Iris-iris sayur woertel dan sawi putih.
  • Siapkan wadah dan masukkan jagung, wortel, sawi, dan tepung terigu. Aduk hingga tercampur menjadi satu. Masukkan air secukupnya, telur, garam, gula, lada, dan bawang putih bubuk. Aduk adonan bakwan sayur menjadi satu dan tes rasa.
  • Panaskan minya di wajan dan goreng bakwan sayur hingga kecoklatan. Jangan lupa siapkan tissue dapur sebagai penyaring minyak yang menempel pada bakwan.

Sajikan menu simple keluarga yaitu Tumis Udang Kacang Panjang dan Bakwan Sayur Sawi bersama nasi hangat dan sambal bajak. Jika mau kerikuk-keriuk bisa tambahkan kerupuk.