Bagi saya bekerja sebagai wanita karir dan ibu rumah tangga tidak menyulutkan hasrat untuk selalu bereksperimen mencoba menu-menu simple tapi tetap jadi favorit keluarga Vondanote. Kebentulan sekeluarga suka banget yang namanya sayur dan kuahnya bening, sebelumnya saya pernah posting tulisan dengan menu sop bakso dan menu itu jadi favorit keluarga.

Sekarang saya bereksperimen dengan tahu bakso tetpai tamabhan brokoli didalam sop dengan kuah bening. Jadi ceritanya kenapa bikin bakso tahu dibikin sop ini, tanpa sengaja saya hari minggu selalu ke pasar untuk stok bahan-bahan masakan seminggu kedepan dan menemukan tahu bakso yang sepertinya ide itu muncul seketika untuk membuat sayaur sop bakso tahu dengan brokoli. Saya pun langsung membeli 10 buah tahu bakso dengan harga 1 bakso tahun Rp. 1.000, dan 1 batang brokoli.

Bahan yang disiapkan:

6 Bakso Tahu

1 Bonggol Brokoli

5 butir bawang putih

5 butir bawang merah

2 batang daun bawang

Lada, garam, bumbu penyedap

Air untuk kuah sup

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih bakso tahu dan brokoli yang sudah di siangi.
  • Iris-iris bawang merah dan bawang putih untuk membuat kaldu sup.
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga setengah menguning.
  • Siapkan panci dan rebus air hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan tumisan bawang merah dan bawang putih hingga bau kaldu bawang tercium dan biarkan sesaat. Masukkan bakso tahu dan rebus hingga 5 menit.
  • Setelahnya masukkan lada, garam dan bumbu penyedap lainnya hingga terasa pas sesuai selera. Terkahir masukkan brokoli dan dau bawang, rebus sebentar hingga terlihat mulai menghijau brokoli. Jangan merebus brokoli terlalu matang karena rasanya akan layu dan hilang nutrisi/vitamin pada brokoli.

Bagaimana mudah bukan cara membuatnya dan hanya 15 menit dari mulai persiapan hingga matang. Cocok disajikan dengan nasi hangat apalagi disajikan di waktu weekend pagi hari, dijamin anak-anak dan suami semangat makan.