Virus selalu menjadi musuh bagi operating system yang terdapat di dalam notebook. Makannya Anda sebagai pengguna notebook dan sebagian aktifitas kerja banyak tersimpan disana harus selalu aware akan expired antivirus di notebook Anda. Seringlah melakukan pengecekan exiperd antivirus dan membuang file-file yang sudah tidak berguna di notebookmu.

Orang-orang yang membuat virus tentunya bukanlah tanpa alasan, mereka mempunyai target dari menciptakan virus komputer. Walupun Anda mungkin bukanlah target mereka para pencipta virus tapi bisa jadi Anda terkena dadri dampak ulah mereka. Karena virus bertebaran di dunia internet yang memaksa Anda untuk selalu waspada dan berhati hati untuk selalu menjaga komputer kita supaya system tidak mengalami kerusakan apalagi sampai kerusakan ataupun kehilangan data.

Antivirus saat ini bisa Anda akses secara free dengan sistem online di Internet. Anda hanya tinggal melakukan searching di Google untuk antivirus yang diingikan. Setelah Anda menemukan antivirus yang sesuai bisanya Anda diarahkan pada sebuah link untuk mendownload antivirus tersebut secara free. Proses terakhir Anda bisa menginstall antivirus tersebut di notebook.

Ada dua macam jenis antivirus, yaitu: antivirus luar dan antivirus local.

Antivirus luar adalah jenis antivirus milik Negara luar contohnya: AVG, KASPERSKY,AVIRA, AVAST, NORMAN ANTIVIRUS, SYMANTEC, NORTON ANTIVIRUS, MCAFEE-ANTIVIRUS, ESET-ANTIVIRUS.

Antivirus local adalah jenis antivirus yang dibuat oleh anak bangsa Indoensia, contohnya: PCMAV, SMADAV, ANSAV, EURA ANTIVIRUS, SMP, ELKAV, MORPHOST, KENDAL-AV, GUCUP-AV, KISAV 32, NAVI, MALEOAV, PCPAV, ALFATH-AV, AVS-32, ANTV, AVIGEN, AVINDO, MAWAR-AV.

Mengapa Indonesia tertarik membuat Antivirus Lokal?

Ternyata Tak sedikit Antivirus dari luar negri yang tidak bisa menghapus virus atau bahkan tidak bisa mengenali virus yang memang dirasa cukup kuat pada parkteknya. Hal ini yang membuat anak bangsa dari Indoensia memiliki peluang yang sama dengan orang-orang diluar sana untuk menciptakan Antivirus yang memiliki kemampuan sama bahkan lebih dalam menghilangkan atau menjaga operating system pada komputer dari serangan virus.

Namun sayangnya beberapa Antivirus local yang saya sebutkan diatas kini sudah mulai menghilang dan tidak ditemukan versi updatean terbarunya. Karena jika diperhatikan pengalaman saya sebagai pengguna antivirus local, banyak sekali antivirus local yang handal dan akurat dalam membasmi virus sampe akar akarnya. Sayangnya saat ini hanya tinggal beberapa saja yang bisa bertahan dan masih eksis mengupdate databasenya.

Apakah mungkin bisnis di bidang pembuatan Antivirus masih belum mendapatkan tempat yang bagus atau pangsa yang bagus yang dilirik oleh masyakata Indonesia sendiri atau Negara luar.

Dua antivirus local yang masih bertahan dan eksis yaitu Smadav dan PC Media Antivirus, Ini antivirus lokal yang bisa jadi rekomendasi untuk menjaga keamaan data dan juga system kita dari gangguan pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Kedua antivirus ini masih bertahan dan selalu mengupdate databasenya yang mungkin bisa buat antivirus tambahan untuk menjaga komputer Anda dari serangan khususnya virus local yang sebagian antivirus luar negri tidak bisa menghapusnya dengan maksimal.

Antivirus SmadAV

Smadav merupakan salah satu antivirus lokal terbaik Indonesia yang dipercayaa mampu menjaga komputer-komputer Indoensia dari serangan berbagai virus atau malware yang cukup menjengkelkan. Walaupun antivirus ini adalah antivirus buatan anak negeri, namun kemampuannya dalam menjaga komputer atau noetbook Anda juga cukup ampuh lho! Apalagi SmadAV Terbaru ini dikenal sebagai antivirus yang sangat ringan, bahkan anda tidak akan merasa menginstal anvitivirus di komputer anda. Keterangan lebih lanjut tentang fungsi dan versi dari antivirus SmadAV bisa cek melalui link SmadAV langsung.

Download Antivirus SmadAV.

PC Media Antivirus (PCMAV)

PC Media Antivirus atau disingkat PCMAV, merupakan antivirus pc paling ringan yang dibuat oleh tim majalah komputer PC Media. Anda pasti tidak asing lagi degan majalah PC Media yang merupakan pengembang dan pelopor antivirus lokal buatan Indonesia. Majalah ini diterbitkan oleh Pinpoint Publications. Saat ini antivirus PCMAV telah digunakan oleh jutaan pengguna pc/laptop di Indonesia. Meskipun bukan satu-satunya antivirus Indonesia yang mempunyai formula atau teknologi khusus untuk mengatasi virus komputer yang menyebar luas di masyarakat, baik jenis lokal maupun mancanegara (asing).

Download Antivirus PC Media.

Baca juga: Download Antivirus AVG dan Virus Devinition AVG Cara Offline di PC