Ajang endorsement dalam dunia sosial media saat ini ramai dilakukan oleh para penjual online. Endorse atau Endorsment dalam bahasa Indonesia memiliki arti dukungan, tetapi dalam dunia artis biasanya endorse adalah cara marketing yang dilakukan oleh para penjual online dengan meminta artis melakukan iklan atas produk yang dijualnnya dengan cara memposting foto atau video produk penjual di media sosialnya.

Postingan produk pada media online artis tentunya memiliki ikatan kontrak dan pembayaran. Dengan imbal balik yang akan diteriam oleh penjual yang mengendorse produknya ke artis tersebut mendapatkan banyak orderan. Biasanya para penjual memilih artis yang di endorse dengan 2 katagori.

  • Memilih artis yang memiliki banyak followers di akun media sosialnya, karena dengan banyaknya followers akan menambah peluang order barang yang di endorse oleh artis tersebut.
  • Memilih artis yang cocok atau sesuai dengan produk yang dijual oleh penjual, misalnya menjual produk pelangsing tubuh maka artis yang dipilih untuk endorse adalah artis yang kurus atau arti yang pernah gemuk menjadi kurus.

Inilah informasi artis yang laku menjadi endorsement.

Ayu Tingting

Artis dan penyanyi dangdut Ayu Ting Ting memiliki 22.2 juta followers di akun Instagramnya. Dengan followers yang banyak, Ayu menjadi seorang artis yang paling banyak melakukan endorsement.

 

 

Aurel Hermansyah

Anak dari pasangan penyanyi Anang dan Krisdayanti memiliki 6 juta followers di akun Instagramnya. Dan Aurel sering sekali melakukan endorsement pada akun Instagramnya selain melakukan promosi untuk produk kecantikannya bersama Ashanty.

Raffi Ahmad & Nagita Slavina

Pasangan suami istri Raffi dan Nagita memang selalu laris dalam semua TV show yang dibintanginya. Tentunya ketenaran yang dimilikinya menjadikan akun Instagramnya memiliki 20 juta followers, dan ini membuatnya dilirik oleh para penjual online untuk mengendorse produknya.

Maia Estianty

Maia Estianty mantan istri Ahmad Dhani ini juga menjadi artis yang paling banyak dilirik untuk endorse karena mamiliki 6.7 juta followers di akun Instagramnya.

Shireen Sungkar

Artis berhijab Shireen Sungkar juga menjadi pilihan para penjual untuk endorse produk-produk muslim seperti travel umroh dan fashion muslimah. Jumlah followers 9.7 juta pada akun Instragamnya membuatnya laris menjadi artis endorse.

Keuntungan menggunakan endorse melalui akun Media Sosial artis.

Menambah followers

Dengan melakukan endorse sebuah produk yang kalian jual melalui akun Instagram seorang artis. Otomatis akan banyak followers artis tersebut yang akan melakukan perteman di instagram anda sehingga followers meningkat, kemungkinan order akan bertambah.

Produk yang di endorse akan dikenal

Endorse yang dilakukan oleh para artis adalah cara marketing agar produk yang kalian jual mudah dikenal oleh orang lain. Jika kalian memilih orang yang tepat untuk mengendorse produk anda maka ini akan membuat pasar baru dengan lebih mudah dan cepat.

Meningkatkan penjualan

Secara otomatis target melakukan endorse produk adalah meningkatkan penjualan. Maka anda akan mendapatkan peningkatan order barang dari hasil endorse para artis yang dilakukan di akun media sosialnya.

Meningkatakan brand produk

Para artis tentunya seseorang yang menjadi sorotan masyarakat, bahkan masyarakat ada yang rela menjadi fans berat artis yang mereka sukai. Dengan endorse yang dilakukan para artis maka akan mampu meningkatkan brand dari produk yang kalian jual. Masyarakat yang melihat endorse yang dilakukan oleh para artis pastinya berasumsi bahwa produk yang dijual atau di promosikan artis adalah produk yang memiliki kualitas yang bagus. Jadi jika anda ingin brand produk yang dijual lebih dikenal dan memiliki brand yang bagus tidak ada salahnya mencoba endorse melalui kerjasama dengan para artis yang memiliki followers banyak.

Bagaimana tertarik untuk melakukan endorse produk-produk yang anda jual, tentunya 5 artis tadi bisa menjadi referensi untuk anda. Dan sebaiknya perhatikan dan pelajari pola kerjasama yang ditawarkan para artis dalam program endorsenya karena setiap artis memiliki program yang berbeda.