Raditya Dika siapa yang tidak kenal, namanya mulai dikenal sejak menjadi seorang penulis dengan judul buku-bukunya yang unik salah satunya dengan judul ‘Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh’ pada tahun 2005. Siapa sangka jika kisah sukses Raditya Dika ini penuh dengan pengorbanan dan tentunya berawal dari hobby-nya menulis di blog pribadinya.

Lalu, seperti apa perjalanan Radit hingga dirinya bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini?

Berawal sukses dari membangun Blog

Tahun 2003 adalah tahun mulainya muncul blog sebagai media menulis yang bisa dibaca secara online di Internet. Ternyata Raditya Dika sukses dengan mengawali menulis di sebuah blog saat duduk di kelas 2 SMA. Awalnya dia hanya ingin mengekspresikan kisah hidupnya melalui media blog, atau bisa di bilang membuat buku catatan harian tetapi di media blog.

Di tahun 2003 Raditya mengawali sukses dengan mendapatkan penghargaan Indonesian Blog Award, konten blognya dianggap banyak menginspirasi dan memiliki banyak pembaca. Ia pun mulai mengarahkan blognya menjadi sebuah sarana komedi keluarga ataupun percintaan.

Lanjut Membukukan Tulisan di Blog-nya Menjadi Novel

Melihat antuasisme pembacanya yang kian meningkat, Raditya pun membukukan tulisan yang ada di blog pribadinya dengan judul ‘Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh’ pada tahun 2005. Sempat mendapat penolakan dari beberapa penerbit, karyanya ini ternyata mampu masuk ke dalam kategori best seller. Padahal ia banyak mendapatkan penolakan saat menawarkan tulisannya untuk dibuat menjadi novel

Setelah novel berjudul Kambing Jantan laris, ia pun mengeluarkan novel dengan judul Cinta Brontosaurus satu tahun kemudian. Buku ini berisi kumpulan cerita pendek yang berkaitan dengan kisah-kisah konyol yang pernah dialami Radit. Bahkan, kisah asmara kucing Persia-nya juga dapat kita nikmati di dalam buku tersebut. Dalam dua karyanya ini, pembaca masih disuguhkan berbagai pengalaman konyol Radit yang dibalut dengan komedi khasnya.

Ia pun makin gencar dan aktif membukukan tulisannya dalam bentuk novel tahun 2007 dan 2008. Dengan kemunculan judul-judul novel barunya yaitu ‘Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa’ dan ‘Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang’. Dalam setiap novelnya Raditya Dika selalu menyuguhkan kepada pembacanya pengalaman konyol dan unik yang di campur dengan komedinya.

 

Lanjut Memfilmkan Tulisan di Novelnya

Siapa sangka jika tulisan Raditya Dika yang menjadi antusiasme banyak orang membuka peluang para production house untuk tertarik memfilmkan novelnya. Novel pertama yang diterbitkan yaitu Kambing Jantan pada tahun 2009 ditampilkan dalam film layar lebar.  Tak tanggung-tanggung film pertamanya pun dimaikan langsung oleh sang penulis novelnya, inilah yang mengantarkan Raditya Dika menjadi seorang entertainment. Setelah berperan menjadi Dikung dalam Kambing jantan The Movie ini karir Radith didunia hiburan kemudian berlanjut pada film-film layar lebar lain, sinetron dan acara TV.

Salah satu acara TV yang diperankannya sinetron Malam Minggu Miko dan Comic Story di salah satu TV swasta. Sinetron seris ini bergenre komedi yang dibalu dengan percintaan dan kekonyolan seorang Raditya Dika.

Menjadi Entertain Berlanjut Menjadi Seorang Stand Up Comedy

Raditya Dika ternyata juga terkenal dengan Stand Up Comedy-nya. Ia mempraktekan parody Stand Up Comedy di sebuah acara-acara dan bahkan dipercaya menjadi juri sebuah acara Stand Up Comedy di statisun swasta.

Ia memang sangat mumpuni dalam lawakan komedi tunggal ini. Dengan banyaknya materi dan ide yang dimiliki dan keahliannya berakting didepan layar kaca, Radith memilikia banyak pengalaman yang mengantarkannya pada kesempurnaan untuk menjadi comic (sebutan komedian stand up). Bahkan dalam beberapa sumber Raditya Dika dianggap sebagai salah satu dari tujuh tokoh pendongkrak dunia Stand Up Comedy di Indonesia.

Radit mengenal dan mempelajari ilmu stand up comedy saat belajar dan Kuliah di Australia, dengan mengikuti kursus singkat menjadi comic. Ilmu stand up sendiri didapat Radith saat kuliah di Australia saat mengikuti kursus singkat Stand Up Comedy.

Ngartis Dan Beralih Sukses Menjadi Youtuber

Selain ngartis kini Raditya mulai aktif menjadi Youtuber dengan tema komedi, membahas topik, membahas penilaian makanan. Kontennya banyak yang menarik dan tentunya menarik perhatian banyak orang. Makannya selain ngartis pun kini Raditya juga telah sukses menjadi Youtuber yang banyak di tonton oleh para subscribernya.