Ramainya berbisnis secara online juga diikuti para artis yang mulai bermunculan, salah satu yang paling banyak di jadikan sasaran target berbisnis online yait menjual fashion seperti baju dan assesories serta produk kecnatikkan. Cara mempromosikan produknyapun beragam ada yang membuat sebuah situs online, melalui media sosial, dan membuat marketplace dengan mengajak serta masyarakat untuk berpartisipasi sebagai seller di situsnya.

Saat ini bisnis para artis secara online sangat dikenal dengan sebutan produk-produk kekinian. Namun produk online kekinian milik Christian Sugiono suami dari artis Titi Kamal ini berbeda. Christian justru memilih bisnis online dengan membuat sebuah portal pribadi yang berisi tulisannya dan portal perjodohan. Pria yang kerap disapa Tian itu memberikan nama portalnya yaitu Malesbanget.com dan Setipe.com.

Pada sebuah situs Tian mengungkapkan jika dirinya sudah bergelut di dunia Internet saat di Jerman sebelum menjadi seorang artis. Bermula ketika masih di Jerman, Tian bersama dengan kedua teman yaitu Aryo Sayoga dan Arianji chatting kerap membahas hal yang tidak perlu. Akhirnya dirinya mulai terbersit untuk mendokumentasikan berbagai pembahasan yang sebenarnya tidak perlu namun menarik untuk disimak dari chattingannya.

Terbentuklah portal dengan nama malesbanget.com pada tahun 2002. Namun situs tersebut sempat vakum ditahun 2002 hingga 2011 karena kesibukkan didunia artis, ia pun mulai mereview portalnya kembali ditahun 2011.

Bukan tanpa alasan seorang Christian terjun di bisnis internet. Selain karena kesukaannya pada dunia digital, peluang bisnis online di internet juga diakuinyacukup besar. Begitu pula digital marketing di Indonesia dengan banyak aplikasi dan marketplace local yang bermunculan karya anak bangasa, memiliki potensi yang berbeda dengan kawasan Asia Tenggara lain.

Cerita Portal Malesbanget.com

Melihat response postif dari portal malesbanget.com, ternyata banyak orang Indonesia yang menyukai gaya konten yang seperti ini. Berita yang tampil dengan gaya santai dan jarang diperhatikan orang, menjadi kekuatan portalnya. Pada portal tersebut Tian tidak hanya menampilkan artikel-artikelnya, tetapi ia juga membuat dan menyajikan video bertajuk ‘Jalan-Jalan Men’ pun menjadi andalan mereka. Rahasianya hanya satu, konten seperti ini jarang ada di situs-situs lain. Jadi peluangnya sangat besar.

Menurutnya bisnis internet di Indonesia banyak bermain di ranah berita serius, jarang dari setiap portal berkreatif memilih konten humor dalam menyajikan artikel yang menarik untuk dibaca. Bahkan portal tersebut masih sangat jarang ditemukan.

Kedepan Tian berencana mengembangkan portal malesbanget.com dengan menambah fitur baru yang lebih menarik seperti menambah kanal musik, content gadget & fitur gamification.

Cerita Portal Setipe.com

Sukses membangun portal Malesbanget.com Tian kembali membuat bisnis baru yang maish berhubungan dengan portal yaitu Setipe.com. Membangun bisnis portal yang berbeda dari situs portal lainnya, tema yang dipilih yaitu ‘online dating’ atau portal kencan & perjodohan.

Menurutnya Setipe.com berbeda dengan online dating yang ada karena Setipe.com adalah Indonesia matching site, di mana Tian berkolaborasi dalam membuat plan portal ini dengan menggunkaan psikologi. Mereka yang sering tidak cocok dalam menemukan pasangan, di sini bisa cocok. Jika Anda join di  Setipe.com, Anda akan diberikan berbagai pertanyaan untuk mengetahui karakter Anda. Dan akan dicarikan tipe yang sesuai dengan jawaban Anda.

Portal online dating terbilang masih awam dan baru bagi masyarakat di Indonesia selain itu tentunya sangat tabu didengar. Sebagai strategi Tian merangkul komunitas dan konsultan pernikahan untuk melakukan berbagai edukasi. Tidak hanya itu Setipe.com juga dipastikan Tian sangat aman dan membuat first date para member layaknya second date, karena memiliki kecocokan karakter.

Menurut Tian situs portalnya akan banyak diminati masyarakat Indonesia karena merupakan produk baru, apalagi gaya masyarakat Indoensia yang suka mencoba hal-hal baru. Targetnya adalah mencari sesuatu yang belum terjamah untuk ide bisnisnya. Tapi tidak hanya itu, menurutnya jika ingin sukses Anda harus bisa melihat kebutuhan khalayak dan memberikan produk yang memang bermanfaat.

Kini Setipe.com dalam jangka waktu setengah tahun telah berhasil mempertemukan 100 pasangan hingga ada yang sudah menikah. Menurutnya tujuan utama membuat bisnis yang telah berjalan sekitar 1,5 tahun itu, untuk memudahkan laki atau perempuan yang kesulitan mendapatkan pasangan.

Penutup

Artikel berisikan inspirasi para pembisnis online untuk terus berkreatifitas dalam menyajika produk-produknya yang dijual secara online. Berbisnis online tidak hanya menjual barang seperti baju, assesories, dan produk kecantikkan lainnya. Berbisnis portalpun sangat menguntungkan dengan rajin mengupdate konten dan memasang iklan akan banya para advertising yang tertarik memasang iklan diportal Anda jika para pengunjung portal Anda sudah ramai. Terbukti dari seorang Christian yang memilih mengembangkan bisnis onlinenya dengan membuat portal tulisan dan perjodohan, sebuah ide menarik dan kreatif yang membawanya pada kesuksessan yang bermanfaat. Semoga Anda tertarik untuk terus menampilkan ide-ide kreatif pada bisnis online yang sedang Anda kelola