Kini mulai banyak para produsen smartphone berlomba mengeluarkan produk teknologi bernama smartwatch sebut saja brand Apple dan Samsung yang lebih dulu mengeluarkan jam tangan berteknologi yang di sebut Smartwatch. Smartwatch sendiri awawalnya memiliki target pengguna untuk orang dewasa saja, tetapi kini teknologi Smartwatch mulai merambah dengan target anak-anak. Ya kini telah hadir Smartwatch dengan nama Imoo yang khusus digunakan anak-anak.

Menurut sumber www.cnnindonesia.com, jam tangan ini dibanderol mulai Rp999.000 untuk seri paling murah, Imoo Y1. Sementara Z5 dibanderol Rp3,299 juta. Sementara Imoo Z2 dibanderol Rp2,199.

Selain itu perusahaan imoo, adalah perusahaan gadget khusus anak. Menggandeng Jet Commerce, mereka membawa perangkat bernama Watch Phone Y1 ke Tanah Air.

Keberadaan Smartwatch Imoo Yang Meresahkan Orangtua

Di beberapa postingan Instagram ternyata keberadaan Smartwatch ini banyak meresahkan para orangtua. Yang meresahkan orangtua adalah penanda kegaulan seorang anak dengan menggunakan jam Smartwatch Imoo.

Mengapa demikian?

Faktor utamanya tentu dari postingan sosial media yang bisa di jamah oleh anak-anak dan akses youtube pada gadget tentang kerennya Smartwatch Imoo. Hal ini akan memancing emosi anak untuk semakin memiliki jika teman-teman sekolah atau bermainnya memiliki Smartwatch Imoo ini.

Keresahan orangtua sebenarnya bukan pada teknologi yang ada di Smartwatch Imoo, tetapi pada harganya yang mahal dibandrol hingga IDR 3juta. Alih-alih memenuhi tuntutan pergaulan anak, orangtua dihadapkan dengan bagaimana cara memberikan pengertian tentang kebutuhan prioritas seorang anak dan keadaan keuangan keluarga. Kita tahu dengan harga tersebut Smartwatch Imoo hanya bisa di nikmati atau dibeli oleh anak penghasilan menengah keatas.

Teknologi Smartwatch Imoo

  • Dilengkapi dengan sistem operasi Android atau iOS Watch bagi Apple Watch.
  • Smartwatch Imoo bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon.
  • Dilengkapi dengan kamera lensa lebar 5 MP.
  • Smartwatch Imoo dilengkapi dengan GPS, sehingga memudahkan orangtua untuk memantau posisi anak, selain itu dilengkapi pula dengan teknologi sensor accelerometer yang bisa mengetahui posisi tubuh anak dalam keadaan berdiri, duduk, atau tertidur. Tetapi teknologi ini bisa orangtua manfaatkan jika memasang aplikasi yang terhubung dari handphone ke Smartwatch Imoo yang dimiliki anak.
  • Waktu penggunaan smartwatch juga bisa dikendalikan. Orang tua bisa mengaktifkan mode dalam kelas, ketika anak sedang belajar. Sesama pengguna Imoo punya sarana komunikasi khusus.

Varian Yang Dimiliki Smartwatch Imoo

Imoo memiliki beberapa varian jam tangan pintar, Y1, Z5, dan Z2 yang sudah meluncur pertengahan Juli lalu. Imoo mengeluarkan Z2 sebagai penengah dari Imoo Z5 yang dianggap terlalu mahal karena dibanderol Rp3,2 juta dan Y1 yang tak memiliki fitur video call.

 

Sumber: www.cnnindonesia.com,