Social Media Friendster yang runtuh di tahun 2006 karena kemunculan Facebook, kini hadir kembali dengan tampilan baru sebagai sebuah media sosial. Sejak kemunculannya ditahun 2016 Friendster sukses mencuri perhatian netizen. Hanya dalam waktu singkat, sudah ada sederet netizen yang mendaftar untuk menjadi user dari social media yang satu ini.

Tetapi ada yang menarik dari kemunculan Friendster ini, yaitu pada penggunaan domain Indonesia menjadi Friendster.id. Lalu apakah ini berarti Friendster baru ini dibuat oleh orang Indonesia? Sejauh ini belum ada yang mengkonfirmasi siapa sebenarnya pemilik Friendster.id ini.

Wajah Baru Frienster.id

Sama halnya dengan Facebook wajah baru Friednster.id ini di dominasi oleh warna bairu. Walau begitu, fitur dan tampilan di dalamnya cukup mengingatkan Anda dengan social media lawas yang sempat hits di dunia ini.

Tampilan Menu Friendster.id

Tidak ada yang berbeda dari tampilan menu di Friendster.id jika Anda ingin bergabung memiliki account maka Anda perlu melalukan registras pada menu daftar akun login. Namun jika Anda pernah memiliki account di Friendster lama, Anda tidak perlu melakukan registrasi sebagai pengguna baru. Tetapi Anda bisa login dengan ID sebelumnya di Friendster lama, dan jangan berharap Anda akan menemukan teman-teman lama yang sudah Anda undang dulunya di Frienster lama. Jadi Anda perlu melakukan invitation kembali teman-teman Anda.

Pada tampilan halaman awal di Friendster.id Pada ada sepenggal kalimat yang berbunyi Temukan Teman Lamamu, tentu ini membuat Anda terasa bernostalgia seperti menggunakan Friendster lama. Di Friendster.id ini Anda juga dapat akan menemukan menu untuk mengupdate status, posting foto, video dan juga sharing lokasi

Membuka Account di Friendster.id

Anda akan ditawarkan dua pilihan saat akan masuk menggunakan Friendster.id yaitu Masuk dan Daftar. Jika Anda masuk dengan menggunakan ID Frienster lama seperti yang saya jelaskan sebelumnya pengguna Friendster lama jangan berharap bisa masuk dengan informasi login yang dulu dipakai untuk masuk ke Friendster.com dan menemukan teman-teman “FS” lama di sana. Friendster.id ini tidak berafiliasi dengan Friendster lama, jadi boleh dibilang Anda akan masuk sama seperti ke sebuah social media baru.

Jika Anda mendaftar sebagai new member maka pilihannya adalah menu Daftar dan di sana Anda harus mengisi informasi alamat e-mail dan password yang akan digunakan sebagai login ID selanjutnya di Friendster.id. Sementara menu Masuk memberikan pilihan Log In dengan akun Facebook, Google, Twitter, dan Instagram. Proses pendaftaran dan log in di Friendster.id ini mudah dan simple, karena tidak terlalu banyak kolom yang harus Anda isi. Yang perlu dilakukan hanyalah memilih nama yang akan dipakai, mengupload foto profil, memilih lokasi dan selesai. Informasi-informasi lain dan setting tampilan bisa ditambahkan setelah mendaftar pada bagian menu setting profil. Namun pengalaman menggunakan Friendster.id ini akan terasa seperti menggunakan Facebook karena kemiripan dari segi tampilan yang disajikannnya dan ikon-ikon serta notifikasinya yang juga hampir sama dalam penyajiannya.

Apakah Anda tertarik untuk membuka account di Friendster.id atau bernostalgia kembali dengan masuk sebagai pengguna lama Friendster di tahun 2016. Jadi saya rasa tidak ada salahnya Anda bernostalgia kembali dengan social media Friendster.id ini.