Akhir bulan tentunya menjadi kegiatan wajib berbelanja para ibu ke supermarket untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga rutin disetiap bulannya. Fenomena potongan harga pada produk tertentu sering kita jumpai dibeberapa Supermarket. Kegiatan promo potongan harga ini tentunya tidak lain untuk menarik konsumen berbelanja di Supermarket tersebut, tidak jarang banyak Supermarket yang melakukan perang harga dengan mengadakan promo potongan harga ketika akhir bulan tiba demi menarik konsumen. Namun apakah Anda bijak mensiasati dan berhati-hati pada promo potongan harga yang diadakan oleh pihak Supermarket.

Anda setidaknya tetap berhati-hati ketika promo potongan harga dilakukan oleh pihak Supermarket, terutama untuk para ibu rumahtangga. Mengapa demikian ? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentunya oleh Anda.

  • Pertama perhatikan expired dari produk promo tersebut apakah sudah dekat atau masih ada jangka waktu penggunaan hingga 2 bulan sebelum masa expirednya, jika masih ada rentang waktu 2 bulan berarti masih barang tersebut masih layak digunakan.
  • Kedua pastikan kemasan dalam keadaan bagus atau tertutup rapat dan bersih, artinya tidak ada bagian yang cacat seperti tergigit tikut atau terkena air. Namun khusus untuk makanan seperti daging, sosis, ikan, dan sayur-sayuran pastikan tampilan masih dalam kondisi segar serta tidak berbau amis atau busuk, para ibu bisa menanyakan juga pada petugas supermarket expired dari makanan tersebut.
  • Terakhir pastikan bahwa potongan harga sudah diupdate pada system oleh pihak Supermarket, karena beberapa kasus ditemui ketika customer melakukan pembayaran setelah dilakukan pengecekan pada struk belanja harga yang seharusnya terdapat potongan harga ternyata belum dipotong oleh pihak Supermarket atau dengan kata lain harga belum di update pada system harga oleh pihak Supermarket. Maka para ibu harus melakukan pengecekan kembali pada struk belanjanya apakah semua harga sudah sesuai pada harga yang tertera di Supermarket termasuk barang yang mendapatkan potongan harga setelah melakukan pembayaran. Jika ada yang belum terupdate lakukanlah complain pada petugas kasir secepatnya agar bisa langsung dilakukan pemotongan harga sesuai pada promo potongan yang berlaku.

Setelah berhati-hati dengan promo potongan harga, ternyata promo potongan harga yang dilakukan oleh pihak Supermarket bisa menjadi siasat para ibu untuk menghemat budget belanja bulanan. Dengan cara membandingkan harga-harga di setiap supermarket. Misalnya di supermarket A harga minyak goreng dan telur cenderung lebih murah dibandingkan supermarket B, namun di Supermarket B harga daging cenderung lebih mahal daripada di Supermarket A. Maka para ibu bisa membeli minyak goreng dan telur disupermarket A dan membeli daging di Supermarket B. Memang agak ribet ya para ibu tapi para ibu bisa berhemat tentunya, misalkan budget bulanan belanja lima ratus ribu rupiah dan ternyata dengan mensiasati belanja para ibu bisa berhemat lima puluh ribu. Lumayankan limapuluh ribu bisa ditabung loh para ibu, jika dikali dua belas bulan sudah enamratus ribu biaya belanja bulanan yang sudah bisa dihemat para ibu.

Semoga bermanfaat dan menjadi bijak bagi para ibu dalam memenuhi kebutuhan bulanan rumah tangga, serta memotivasi para ibu rumahtangga untuk menabung.