Bagi Anda yang tinggal di sekitaran Sawangan Depok tentu sangatlah familiar dengan Rumah Sakit Umum Bhakti Yuda, termasuk saya yang pernah melahirkan 4 tahun lalu secara normal di rumah sakit tersebut. Jadi karena saya hampir setahun bulak-balik ke Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha untuk check up dan control kehamilan hingga melahirkan, tentu cukuplah rasanya pengalaman yang saya miliki ini untuk share kepada para pembaca.

Awalnya saya memutuskan untuk melakukan check up dan kontrol kehamilan secara rutin di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha karena rekomendasi teman-teman kantor suami yang istrinya melahirkan di rumah sakit tersebut, saya-pun merasa tidak perlu pemeriksaan yang mahal untuk kehamilan anak pertama ini. Saya berusaha menyesuaikan dengan budget asuransi yang saya miliki maka terpilihlah Rumah Sakit Bhakti Yudha ini.

Seringnya saya dan suami berkunjung ke Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha untuk cek dan konsultasi kehmilan, tentu saya hapal dari mulai layanan dan ruangan yang ada di sana. Sekedar ingin sharing, untuk bisa jadi referensi buat Anda yang ingin melakukan pengecejan dan control kehamilan hingga melahirkan di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha.

Gimana Pelayanan Sekelas Rumah Sakit Umum

Sejujurnya diawal saya awam banget dan nggak tau bagaimana pelayanan di yang ada di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha, kesini karena rekomendasi dokter dan susternya baik, dan helpful banget.

Pertama kali saya memilih dokter kandungan wanita untuk cek rutin dan konsul, namun karena beberapa kali saya cek dokter wanitanya jarang datang sesuai sechedule, lama-lama saya betah cek dan konsul dengan dokter kandungan laki-laki.

Ternyata dokter kandungannya sudah senior dan sabar sekali melayani saya yang termasuk banyak pertanyaan, karena ini kehamilan pertama wajar donk ya jika banyak pertanyaan yang membuat saya khawatir tentang kondisi bayi diperut saya. Begitupun dengan suster dari asisten dokter kandungannya, bener-bener helpful untuk memberikan pelayanan yang maksimal saat pengecekan kandungan.

Pengalaman Melahirkan di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha

Waktu saat saya mau melahirkan bidan pun dengan sangat tanggap melayani saya saat akan melahirkan, dari mulai memberikan saya pengetahuan untuk lebih banyak bergerak agar cepat pembukaan. Kemudian melakuakn serakaian tes pada tubuh saya termasuk history cek kehamilan saya yang memiliki HB rendah saat akan melahirkan. Para bidan dengan tanggap menyiapkan rekomendasi dokter untuk menyetok darah, karena dokter sudah memperkirakan saya akan pendaharan setelah melahirkan.

Selain itu dokter kandungan selalu melakukan cek up rutin selama pembukaan dan datang tepat waktu melayani dan membantu proses kelahiran anak saya, padahal itu dihari minggu waktu libur. Tetapi saya merasakan pelayanan yang baik dan bidan pun tersenyum saat melayani.

Perlu diketahui saat melahirkan saya memilih untuk menggunakan kelas 3 dan ternyata tidak ada perbedaan perlakuan pelayanan dengan yang melahirkan di kelas 1 dan kelas 2. Saya rasa untuk sekelas RSU untuk Rumah Sakit Bhakti Yudha sudah cukup nyaman dari segi fasilitas ruang melahirkan dan kamar rehat setelah melahirkan, serta pelayanan yang diberikan oleh dokter dan susternya yang sangat ramah dan membantu. Satu lagi susternya membantu saya untuk menyusui anak saya disaat pertama kali setelah melahirkan, jadi saya nggak salah rasanya pilih rumah sakit ini.

Samapai sekarngpun saya punya niat untuk melahirkan di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha jika dikasih rejeki anak kedua.

Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha Bisa Terima Pembayaran Asuransi?

Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha bisa terima asuransi dan BPJS, selama proses cek, konsultasi, periksa gigi, dan melahirkan, semuanya menggunakan asuransi dari kantor suami dan kantor saya. Jadi kita bisa ganti-ganti tuh mau pakai kartu yang mana, dan nggak takut limit asuransinya abis. Nah itu keuntungan kalau kita suami istri kerja dikantoran dan punya asuransi yang cover untuk proses cek dan konsul kehamilan, hingga persalinan.

Prosesnya cukup mudah untuk menggunakan fasilitas asuransi di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha ini. Saya cuma perlu mengambil kartu antrian menggunakan asuransi saat akan mendaftar cek dan konsul, setelahnya pihak CS akan mendaftarkan Anda ke dokter yang dituju dengan mengambil kartu asuransi Anda. Setelah cek up selesai Anda bisa datang ke kasir untuk menyerhkan bukti cek up dokter dan resep jika ada. Maka pihak aksir akan mengkonfirmasi ke asuransi sesuai kartu Anda dan setelahnya menggesek kartunya. Pihak kasir biasanya akan memberikan receiptnya untuk Anda tandatangi, sebagai bukti Anda benar melakukan penegecekan di rumah sakit

Berapa Perkiraan Biaya Melahirkan

Biaya melahirkan secara normal dengan ruang kelas 3 di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha sudah benar-benar murah kalau menurut saya.

Total yang saya keluarkan adalah IDR 6juta untuk 3 hari 3 malam, meliputi:

  • biaya melahirkan dengan dokter dan bidan
  • biaya kamar melahirkan
  • biaya kamar rehat kelas 3
  • 2 ampul darah untuk transfuse setelah melahirkan

Bagaimana Dengan Fasilitas Umumnya

Menurut saya untuk sekelas RSU lagi-lagi Rumah Sakit Bhakti Yudha sudah cukup lengkap dan memenuhi standar Rumah Sakit yang lengkap. Di sana ruang tunggu sudah disediakan kursi tunggu yang standar, ada ruang menyusui bagi para pasien yang membawa balita, dilengkapi masjid dan ATM BNI/Mandiri.

Selain itu selama saya diruang perawatan setelah melahirkan, kamar saya selalu rutin dibersihkan 2 kali sehari dan juga kamar mandi rutin dibersihkan.

Tapi yang kurang fasilitas kanti makanan yang sulit ditemui di area rumah sakit ataupun diluar rumah sakit. Jadi lebih baik kalau suami mendampingi Anda lahiran gunakan Gofood untuk order makanan. Kantin yang tersedia di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha hanya food store seperti roti dan mini market, itupun hanya sampai jam 4 sore, setelah sore dan menjelang malam hari kanti-kanti tersebut tutup.

Adakah Area Parkir Yang Luas

Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha sudah memilik parkiran yang luas, parkinya sudah tertib dibagi 2 yaitu parkir kendaraan roda empat dan roda dua. Setiap kita membawa kendraan maka akan diberikan kartu parkir oleh petugas gate parkir depan. Kartu tersebut menandakan kendraan Anda terparkir di rumah sakit dan akan dikenakan tarif parkir.

  • Tarif parkir motor 1 jam pertama IDR 3.000,- dan untuk 1 jam berikutnya menambah IDR 1.000,-
  • Tarif parkir mobil 1 jam pertama IDR 4.000,- dan untuk 1 jam berikutnya menambah IDR 2.000,-

Jadi buat Anda yang ingin berencana control, check up, program hamil dan segala macam aktivitas kesehatan di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudah recommended banget, pelayanan yang bagus dan harga yang sesuai kantong.