Boleh saja seorang presiden selalu terlihat serius dan tegas saat menjalankan tugasnya untuk Negara dan masyarakatnya. Tugas seorang presiden adalah mengabdi pada Negara untuk kesejahteraan rakyatnya, dan tugas ini bukanlah tugas sembarangan jadi pastinya yang menjabat sebagai seorang presiden juga bukan dari orang sembarangan. Namun lain halnya jika seorang presiden di tengah keseriusannya memiliki kesan unik dengan selalu mengisi waktu sengganngnya untuk memberikan kesan unik. Kali ini presiden Jokowi merupakan salah satu presiden unik di Indonesia dengan banyak vlog yang dibuatnya.

Sepertinya trend vlog sebagai kaum milenia saat ini tengah di ikuti oleh seorang presiden Jokowi terbukti dengan beberapa vlog yang dibuatnya saat aktivitasnya senggang saat menjabat atau bahkan menunjukkan aktivitasnya. Presiden Jokowi banyak mengupload aktivitas kesehariannya sebagai seorang presiden atau sebagai seorang bapak dan kakek. Mungkin beliau mengikuti trend membuat vlog setelah melihat keseharian anak bungsunya yaitu Kaesang yang juga aktif membuat vlog aktivitas sehari-hari atau sebuah figure nasehat. Selain itu ketika Pak Jokowi berkunjung ke daerah-daerah dan berbicara pada beberapa anak sekolah dalam sebuah acara banyak dari mereka memiliki cita-cita ingin menjadi YOUTUBER atau menelurkan STARTUP.

Apakah jika menjadi seorang presiden tidak boleh membuat sebuah Vlog?

Boleh atau tidaknya sebenarnya tergantung masing-amsing orang berpendapat, tetapi jika hanya keseharian dan mungkin banyak masyarakat yang ingin melihat langsung sosok keseharian atau aktivitas seorang presiden sah saja membuat sebuah vlog. Pak Jokowi termasuk salah satu presiden yang memiliki keunikan yaitu dengan memperlihtkan beberapa video lucunya pada vlognya.

Beberapa video itu seperti memandikan sang cucu Jan Etes di sebuah kolam renang dan bermain bola dengan mengguanakan sebuah sarung. Keseruannya bersama sang cucu memberikan Susana yang refresh bagi sosok Presiden Jokowi. Keunikan lainnya Pak Jokowi tunjukkan dengan menyusuri jalan trans Papua menggunakan motor, beliau merecord video perjalannya tersebut. Beberapa video lainnya menunjukkan keindahan-keindahan daerah yang Pak Jokowi kunjungi, sehingga vlog tersebut juga memberikan inspirasi bagi masyarakat local atau luar bahwa negeri Indonesia kaya akan pesona keindahan alamnya.

Vlog yang dibuat oleh Pak Jokowi bisa menjadi salah satu sarana untuk menarik para investor atau turis luar untuk berkunjung ke Indonesia. Karena mungkin hanya presiden Jokowi satu-satunya presiden di dunia yang menyempatkan untuk membuat vlog dari aktivitas kesehariannya dalam bertugas atau beristirahat.

Lalu berapa penghasilan YOUTUBE Presiden Jokowi dari Vlog?

Menurut seumber channel YouTube Presiden Jokowi telah diikuti oleh 321 ribu subscribers dengan jumlah 260 video yang tayang. Sebagai gambaran, pemilik video yang videonya di YouTube berhasil mendapat 100 ribu views atau lebih, biasanya mendapat US$ 50 – US$ 100 atau sekitar Rp 600 ribu sampai Rp 1,3 jutaan.

Berdasarkan Dbase.tube, channel akun Presiden Jokowi diperkirakan mengantongi penghasilan US$ 2.160 atau sekitar Rp 28,9 jutaan per bulan. Dari situ juga diketahui kalau channel tersebut selalu mengunggah video baru tiap enam hari sekali dan total sudah dilihat sebanyak 12,3 juta kali. Sedikit berbeda, jika dilihat berdasarkan situs Social Blade, channel Presiden Joko Widodo diestimasi mendapat penghasilan bulanan antara US$ 259 hingga US$ 4.100 atau sekitar Rp 3,4 jutaan hingga Rp 54,6 jutaan per bulan.

Bagaimana menurut anda, seorang presiden Jokowi masih tertarik dengan penghasilan menjadi seorang Youtuber di era milenia ini. Anda sebagai orang yang tidak memiliki kesibukan apakah mulai tertarik setelah melihat angka perhitungan yang dihasilkan dari sebuah video ketika banyaknya views yang melihat. Ini artinya anda sebagai seorang masyarakat harus memiliki semangat yang sama dengan presiden Jokowi dalam hal belajar mengetahui era perkembangan teknologi dan internet pada era milenia, karena apa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam vlognya adalah untuk membangun masyarakatnya berperan aktif membantu pemerintah.