Memiliki sebuah laptop atau notebook sebagai penunjang keseharian aktifitas kita sudah menjadi keharusan sepertinya ditengah banyaknya kegiatan perkantoran yang dilakukan secara online. Namun harga laptop yang tidaklah murah tentu akan menjadi pertimbangan bagi kita sang pemilik untuk merawatnya secara rutin. Perawatan laptop secara software dan hardware sudah disajikan oleh Vondanote, Anda bisa melakukan search pada menu search yang ada di vondanote.com.

Kali ini Vondanote.com akan membahas langkah-langkah mudah membersihkan laptop pada bagian hardware-nya yaitu LCD. LCD merupakan bagian yang krusial dalam menampilkan tampilan software yang ada di laptop seperti aplikasi dan operating system. Jika LCD rusak sudah pasti laptop tidak bisa digunakan, jangankan rusak lecet sedikit saja akan menggangu kenyamanan pemandangan mata saat beraktifitas. Maka jangan lewatkan untuk menjaga bagian LCD laptop dengan 3 langkah mudah berikut ini:

Menyiapkan bahan untuk membersihkan LCD laptop

  • Cairan atau spray pembersih layar LCD
  • Siapkan 2 kain microfiberpembersih kaca

Menyiapkan laptop yang LCD-nya akan dibersihkan

  • Matikan Laptop dan cabut dari chargenya yang menghubungkan pada listrik sebelum melakukan pembersihan pada LCD Laptop. Laptop dalam keadaan mati, akan memudahkan Anda melihat debu pada area LCD dibandingkan saat menyala.

Membersihkan LCD laptop dengan bahan yang sudah disiapkan

  • Semprotkan cairan atau spray pembersih LCD laptop pada kain microfiber sedikit-sedikit. Kemudian lapkan pada LCD secara perlahan searah horizontal atau vertical. Jangan mengelap dengan menekan LCD laptop, dan dalam 5 menit LCD laptop akan kinclong kembali.
  • Setelah LCD laptop bersih, biarkan LCD kering secara alami. Tungga LCD hingga benar-benar mengering dengan udara disekitar ruangan. Jangan menyalakan laptop saat LCD laptop masih basah karena akan memungkinkan terjadinya korsleting pada laptop atau sisa-sisa cairan yang mengembun akan merusak komponen layar laptop.