Merawat Komputer adalah hal yang wajib Anda lakukan karena kelancaran dan ketahanan sebuah perangkat yang Anda miliki adalah kewajiban. Tentunya agar barang kesayangan Anda awet dan juga bisa bekerja dengan maksimal sebagaimana yang di harapkan.

Berikut ini 3 tips ringan merawat dan menjaga Hardisk komputer agar tidak mudah rusak. Sehingga data yang ada di dalam hardisk bisa aman dan system komputer bisa bekerja dengan lancar.

Hindari Hardisk dari goncangan

Goncangan pada Hardisk adalah penyebab paling sering terjadinya kerusakana pada Hardisk,misalnya tidak sengaja komputer Anda terbanting-banting dijalan saat posisi di dalam tas dan melewati jalan rusak. Perlu diketahui di dalam hardisk itu terdiri dari banyaknya komponen kecil, maka Hardisk gampang sekali rusak jika terkena guncangan.

Baca artikel terkait: 10 Cara Merawat Software Notebook Secara Rutin

Jangan mematikan komputer tanpa di shoutdown (dengan tekan tombol power)

Kekurangtahuan Anda atau anak dalam menggunakan komputer bisa berpengaruh pada kerusakan Hardisk. Seperti mematikan komputer langsung menekan tombol power dengan lama, karena kekurangtahuan mereka menyalakan komputer dari tombol power dan mematikanya dari tombol power langsung. Hal ini berakibat komputer akan sering hang dan tidak bisa menjalankan mouse untuk shoutdown, kadang memaksa Anda untuk mematikan komputer menggunakan tombol power. Sebaiknya ketika komputer mengalami masalah pada system Anda segera melakukan service agar tidak langsung mematikan komputer menggunakan tombol power.

Lakukan pengeheckan Hardisk secara berkala

Melakukan pengecheckan Hardisk adalah cara sederhana untuk mencegah kerusakan Hardisk dengan cara menggunakan aplikasi bawaan Windows. Fungsi pengecekkan untuk merapikan dan juga mengetahui jika adanya kerusakan sector pada Hardisk.

Bagian sesimpel dan sesederhana ini bisa Anda lakukan secara regularly atau jika Anda memang sangat peduli dengan perawatan Hardisk komputer Anda sebaiknya dilakukan setiap Anda menggunakan komputer. Dengan demikian Hardisk akan menjadi terawat dan Anda akan dengan mudah mengatasi masalah yang muncul ketika Hardisk rusak. Tentunya Anda juga harus sering membackup data saat melakukan perawatan Hardisk, berjaga-jaga agar suatu ketika Hardisk rusak data didalamnya sudah diselamatkan.