Operating system windows menyediakan tool untuk melakukan system restore point yang memiliki fungsi untuk mengembalikan settingan system pada komputer Anda ke waktu yang pernah Anda setting pada waktu sebelumnya.

Ketika kita melakukan system restore secara otomatis system akan melakukan pengembalian semua sistem pada windows, program dan settingan pada registery. Untuk data pribadi seperti email, dokumen dan photo tidak akan dilakukan pergantian perubahan. Sehingga data Anda akan aman dan juga tidak akan merubah file yang ada di luar drive C. Tetapi akan lebih aman jika Anda melakukan backup data terlebih dahulu pada semua data yang berada di Drive C untuk di pindah ke drive yang lain.

Disini akan di bahas tahapan membuat System Restore Point pada komputer.

Pilih & Klik

Start→Control Panel→System and Security.

Setelah masuk ke langkah berikutnya silakan anda pilih dan klik menu “System and Security” untuk masuk ke tampiilan berikutnya.

Anda sudah masuk ke tampilan System Property, berarti anda sudah masuk ke menu untuk membuat system restore sesuai waktu yang anda inginkan. Jika Anda merasa sudah siap, silahkan Anda pilih dan klik “Create” untuk masuk ke step berikutknya.

Di tampilan ini akan muncul System Protection yang menandakan anda sudah bisa memasukan nama yang nantinya sebagai penanda bahwa system ini baik untuk mengembalikan semua system dan file Anda ketika komputer mengalami masalah di kemudian hari.

Anda baru bisa melakukan system restore pada komputer Anda setelah membuat System Restore Point ini. Maka sebaiknya Anda segera membuat system restore point ini segera sebelum masalah data hilang atau hank pada komputer Anda muncu, jadi usahakan jangan menunggu hingga masalah pada komputer Anda datang.

Baca Juga : Cara Melakukan System Restore Pada Notebook Pribadi Di Semua Windows, Solusi Mengembalikan File Yang Telah Hilang