Memiliki sebuah notebook tentu Anda sudah tahu perangkat keras yang vital saat notebook bekerja. Salah satunya RAM atau yang biasa disebut Memory, pengertian RAM (Random Access Memori) yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat notebook dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).  

RAM mempunyai fungsi utama untuk mengatur jalannya pergerakan dan aktifitas data pada perangkat notebook. Fungsi lainnya RAM juga alat yang mempercepat proses pengolahan setiap data pada notebook. Maka semakin besar kapasitas RAM yang ada di notebook Anda maka akan berpengaruh pada kecepatan dalam pemprosesan sebuah data.

RAM adalah salah satu perangkat keras pada notebook yang juga sama seperti perangkat lainya membutuhkan perawatan agar terus berjalan dengan maksimal, saat digunakan untuk pengolahan data di komputer. Karena semakin sering Anda mengoperasikan perangkat komputer, akan mempengaruhi perangkat RAM mengalami proses yang namanya korosi. Dimana perangkat RAM akan mengalami karatan yang diakibatkan seringnya dialiri listrik.

Agar RAM tidak mudah korosi diperlukan perawatan secara rutin dengan melakukan pembersihan secara langsung perangkat tersebut. Berikut tahapan membersihkan sendiri perangkat hardware RAM pada notebook.

  1. Copot RAM pada notebook. Lakukan pencopotan RAM pada slot yang menempel di bagian bawah notebook dengan. Biasanya setiap notebook memiliki tempat tersendiri untuk penyimpanan RAM yang berada di bawah notebook dan Anda bisa dengan mudah membuka bagian penutup penyimpanan RAM yang dikunci dengan mur.
  2. Siapkan penghapus pensil. Penghapus pensil ini bermanfaat untuk menghilangkan karat yang menempel pada piringan emas dibagian pinggir RAM.
  3. Gosok komponen kuning pada RAM sampe terlihat bersih dan tidak terlihat lagi karatan. Cukup gosok bagian permukaan pin yang berdebu atau kotor sehingga bersih. Hal ini dapat terlihat dari warna kuning-keemasannya yang kembali cerah.
  4. Pasang kembali RAM pada notebook. Setelah dibersihkan, cobalah pasangkan kembali RAM ke slot di mainboard

Nah, itulah cara membersihkan RAM pada notebook, lakukanlah secara continue perawatan dan pembersihannya. Agar tidak timbul masalah pada saat Anda melakukan aktifitas menggunakan notebook.  Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.