Beberapa tips seputar merawat Hardisk di laptop pribadi sudah saya tulis, tetapi nggak pernah bosen untuk selalu menulis tentang si Hardisk ini. Mengapa ? Well karena saya juga sebagai pengguna laptop yang hampir fulltime mantengin laptop untuk kegiatan menulis artikel, pastinya saya harus selalu memastikan kondisi pada Hardisk dilaptop dalam keadaan sehat.

Hardisk banyak menyimpan data saya yang berkaitan dengan artikel yang saya tulis di website pribadi atau website klien, tentunya hal ini menjadi perhatian saya untuk selalu rajin membackup data di Hardisk laptop di beberapa Hardisk eksternal dan icloud. Seorang penulis atau blogger seperti saya tentu tulisan adalah asset nilai dari sebuah pekerjaan yang harus selalu dijaga dan dirahasiakan.

Apalagi jika sebuah laptop seharian dioperasikan semua perangkat tentu bekerja secara maksimal sesuai yang di butuhkan oleh pengguna, mulai seorang designer, admin perkantoran, programmer dan pengguna lainnya. Tapi apakah anda tahu jika kinerja hardisk akan berat karena keluar masuknya data dari yang lama sampai data yang baru. Jika pemakaian data dalam jumlah banyak dan dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan banyaknya data mengalami kerusakan di Hardisk. Perlunya perawatan hardisk dari sisi system harus sering dilakukan agar tidak terjadi kerusakan data atau corrupt ataupun yang mengakibatkan kerusakan fatal pada Hardisk.

Baca artikel lainnya yang terkait Membandingkan SSD & HDD Sebagai Media Penyimpan Data Pribadi Untuk Laptop Kesayangan Anda

Dalam bagian ini seperti judul artikel saya kali ini, saya akan memberikan tips mudah untuk melakukan pengecekan kesehatan sekaligus merawat Hardisk di laptop Anda sendiri melalui menu yang di sediakan Operating Windows.

Buka Menu Windows Explorer

 

Klik kanan pada Folder Local Disk (C)

Kemudian muncul option Propreties dan klik, sehingga akan muncul gambar berikut.

Klik Tools dan kemudian Klik Check Now untuk menuju ke session berikutnya, setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.

Automatically fix file system error

Option ini jika anda klik, system akan secara otomatis mencari dan memperbaiki system file yang mengalami eror pada Hardisk.

Scan for and attempt recovery of bad sectors

Option ini jika Anda klik ketika akan melakukan scan Hardisk dan mencari serta memperbaiki bad sectore di Hardisk.

Jika Anda ingin Hardisk melakukan perbaikan secara menyeluruh Anda bisa klik semua centang sehingga system akan melakukan perbaikan terhadap file dan juga bad sectors di Hardisk.