Semua pasti sudah kenal dan tahu apa itu notebook/komputer..?? jaman ini hampir semua orang bisa mengoperasikan benda tersebut Karena tuntutan jamanlah yang memaksa agar semua mengenal bahkan bisa mengoperasikanya dengan baik. Banyak orang memakai komputer hanya sebatas user atau pengguna, artinya hanya mengoperasikan komputer hanya sebatas untuk mengerjakan tugas kantor atau tugas sekolah saja. Tanpa mendalami kegunaan dan keuntungan lainnya dari fasilitas-fasilitas yang disediakan di dalam notebook/komputer. Jika Anda paham akan fasilitas yang ada di dalam notebook/komputer, tentu Anda akan merawat atau menjaga notebook/komputer sebaik mungkin. Dengan begitu notebook/komputer bisa di gunakan secara maksimal tanpa adanya gangguan yang di timbulkan dari pemakaian atau dari virus.

Setiap orang dalam menggunakan notebook/komputer pasti mempunyai permasalahan yang berbeda-beda, sebab banyak diantara Anda tidak tahu cara merawat noetbook/komputer dan mengoperasikannya secara baik dan benar. Contoh masalah di notebook/komputer yang sering muncul adalah mudah hank, loading lama untuk membuka file atau komputer tiba-tiba mati sendiri.

Masalah yang muncul pada notebook/komputer menyebabkan pekerjaan terganggung dan molor dari jadwal penyelesaian. Maka Anda harus mulai melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin notebook/komputer pribadi. Dengan merawat-nya secara rutin paling tidak Anda sudah meminimalisir gangguan yang muncul saat beraktifitas dengan notebook/komputer.

Disini akan dibahas beberapa tips untuk mejaga dan merawat notebook/komputer dari sisi software.

Install antivirus

Notebook/komputer tidak bisa lepas dengan yang namanya virus. Di luar banyak sekali virus berterbaran di dunia internet, baik dari Indonesia ataupun dari luar negeri. Virus ini di buat untuk merusak komponen operating system atau data yang ada di notebook/komputer. Untuk menghindari hal tersebut notebook/komputer harus dipasang aplikasi antivirus ini agar bisa terhindar dari serangan virus. Banyak sekali antivirus yang bisa di pergunakan ada yang gratisan ataupun yang berbayar, silakan disesuaikan dengan keamanan yang Anda inginkan di notebook/komputer. Jangan lupa untuk melakukan scan virus secala berkala untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan.

Baca Juga : 8 Link Download Antivirus Gratis Terbaik Untuk Komputer/Laptop Anda, Coba Ini Dengan Offline

Checkdisk

Lakukan pengecekan hardisk secara berkala di notebook/komputer. Cara ini adalah untuk melakukan pengecekan sekaligus memperbaiki disk yang error. Metode ini untuk menstabilkan kinerja hardisk agar bisa bekerja secara maksimal dalam membaca system ataupun data yang ada di notebook/komputer.

Baca Juga:

Menghapus history atau data rusak yang tidak di pergunakan lagi

Di dalam komputer setiap kali Anda menggunakan aplikasi tentu ada file history atau file yang sudah lama dan mengalami kerusakan. Anda harus menghapus file yang tidak terpakai dan rusak tersebut agar tidak membuat notebook/komputer menjadi berat dan memakai banyak penggunaan memori yang mengakibatkan komputer bisa lambat dan yang paling parah komputer bisa menjadi hang.

Membuat system restore

Saat menggunakan notebook/komputer Anda tidak akan pernah tahu kapan notebook/komputer kita akan mengalami kerusakan atau error, yang akibatnya kita akan merasa terganggu karena tidak ada waktu untuk mencari penyebab dan juga cara pengatasinya. Cara yang paling mudah adalah buat system restore di notebook/komputer agar ketika Anda mengalami kerusakan bisa di kembalikan ke waktu ketika notebook/komputer masih sehat atau belum terdapat gangguan.

Baca juga: