Di jaman yang serba modern dan online seperti sekarang ini memudahkan orang-orang untuk membuat blog sendiri secara gratis dari awal. Blog bukan hanya dijadikan sebagai media penyalur ide lagi tetapi sebagian banyak yang memanfaatkannya untuk berbisnis dan menghasilkan dari blog tersebut, salah satunya keberadaan Platform Blogger.

Platform Blogger yang biasanya dikenal dengan Blogspot adalah salah terbitan Google. Bagi pemula menggunakan platform gratisan dari Blogger cukup menguntungkan, karena mudah dan gratis. Anda lagi-lagi bisa memanfaatkan untuk membuat blog di sini secara gratis tanpa harus belajar banyak bahasa pemograman.

Tampilan blog di Blogger termasuk kategori niche blog, dan ini dibutuhkan oleh seorang pemula untuk mempermudah mengisi artikel pada blog. Maka Blogger bisa menjadi referensi anda untuk membuat blog dan aktif menjadi penulis blog. Saya yakin beberapa dari anda pasti sudah kenal atau bahkan sudah memiliki situs gratis dari Platform Blogger. Namun tidak ada salahnya jika anda kembali melihat cara bagaimana membuat blog gratis dari Platform Blogger.

Langkah 1

Pada langkah pertama sebelum membuat blog di Platform Blogger anda harus memiliki email di Google. Memiliki email di Google adalah salah satu syarat agar kamu bisa membuat blog gratisan di Blogger. Jika sudah memiliki email di Google anda bisa langsung membuka situs Blogger.com dan klik “Create Your Blog”.

 

Langkah 2

Langkah selanjutnya akan mengarahkan pada tampilan login akun anda di email Google. Masukkan isian data yang di butuhkan dan klik “Berikutnya”

Langkah 3

Di tampilan ini akan muncul form isian untuk pengisian pfofil blog anda dengan menggunakan akun Blogger atau Google+. Jika anda sebagai pengguna baru Blogger maka sebaiknya memilih mengcreate akun Google+, agar anda bisa seklaigus mendaftar Blogger dan Google+ seklaigus. Maka pilihannya adalah klik tombol “Buat Profil Google+”.

 

Langkah 4

Pada formulir isian profil Google+ Anda akan terisi secara otomotis. Jika ada ingin mengubah data diri, misalnya mengubah nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir, anda bisa langsung mengubahnya di halaman ini. Jika sudah selesai melakukan editing maka anda bisa klik “Buat Profil”.

 

Langkah 5

Pada halaman ini anda akan diarahkan ke halaman utnuk menambahkan foto profilpada akun Google Anda. Bila tidak ingin menambahkan foto, maka anda tinggal klik “Lewati”.

Tapi bila Anda ingin menambahkan gambar profile pada akun Google, maka anda klik logo Kamera pada halaman tersebut, lalu upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, klik tombol “Simpan”

 

Langkah 6

Setelah selesai membuat akun Google, maka selanjutnya adalah menyelesaikan pembuatan akun Blogger anda. Silahkan anda klik “Lanjutkan ke Blogger”.

 

Langkah 7

Pada tampilan ini untuk membuat sebuah blog baru anda, silahkan klik “Buat Blog Baru” seperti pada tampilan di bawah ini.

 

Langkah 8

Halaman selanjutnya dimana anda diarahkan untuk memasukkan judul blog anda, yang nantinya akan menjadi nama/ alamat dari blog anda. Selain itu pada halaman ini anda diharuskan memilih tema blog anda.

From isian yang harus anda isi yaitu:

  • Kolom Judul, silahkan isi dengan Judul Blog Anda, misalnya “Blogpintarana”
  • Kolom Alamat, silahkan isi dengan alamat URL blog Anda, misalnya “Padupadanbaju.blogspot.com”
  • Kolom Tema, anda bisa memilih salah satu tema yang disediakan oleh Blogger.

Setelah semua diisi, silahkan klik “Buat Blog”.

 

Langkah 9

Anda telah sukses membuat dan memiliki blog baru, selanjutnya adalah anda harus mengatur navigasi pada halaman kerja Blogger atau Dashboard. Blog baru anda siap untuk di upload artikel-artikel menarik dari anda.

 

Penutup

Artikel tersebut menerangkan 11 langkah mudah untuk anda yang ingin memiliki sebuah blog gratis dengan menggunakan Platform Blogger. Proses pembuatan blog di Blogger sangatlah mudah dan waktu yang dibutuhkan hanya 10 – 15 menit. Semoga artikel ini bisa membantu para Blogger pemula yang ingin sukses di dunia Blogging.