Membeli komputer sebenarnya hal yang gampang-gampang susah, karena disini ketelitian dan kejelian kita akan di uji untuk bisa mendapatkan komputer yang maximal sesuai dengan harga dan spesfiikasi yang kita harapkan.

Disini akan di ulas tips bagimana cara memilih agar Anda bisa membeli komputer kesayangan dengan harga yang relatif lebih murah dan di lain sisi Anda sendiri tidak merasa terbohongi oleh penjual. Tips membeli komputer secara kasat mata yang mungkin hal utama yang harus menjadi pertimbangan Anda sebagai orang awam yang ingin mempunyai komputer sesuai dengan keinginan dan bisa tahan lama.

Melihat kondisi mur pada Notebook

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengamati secara detail fisik dari komputer yang akan dbeli Biasanya komputer itu pernah di bongkar apa tidak terlihat dari posisi mur di tiap-tiap cashing, jika Anda menemukan mur-nya lecet atau ada yang kendor berarti notebook tersebut pernah mengalami proses pembongkaran. Karena kalo kondisi mur yang sudah pernah mengalami pembongkaran, kemungkinan notebook sudah pernah mengalami pengantian atau service (penyoldera) pada perangkat hardware.

Mengetes Suara kipas/fan Notebook

Jika suara kipas/fan pada notebook yang berputar mengeluarkan suara yang berisik kemungkinan kipas mengalami proses karatan atau juga banyaknya kotoran yang menyangkut di dalamnya. Kipas/fan yang kotor akan mengakibatkan mesin pada notebook akan mudah panas akibat kurangnya udara yang masuk untuk medinginkan prosesor.

Mengecek kuncian pada bodi Notebook

Lakukan pengecekan secara detail pada bagian bodi notebook yang akan dibeli. Silakan di liat apakah bodi pada notebook ada yang mengalami kerenggangan, atau juga ada bekas lecet dan juga yang paling parah mengalami retak/pecah yang di akibatkan karena benturan jatuh atau terbentur. Notebook yang pernah mengalami proses ini biasanya sudah mengalami yang namanya tidak stabil pada sistem kerja hardware.

Pengecekkan suara hardsik yang berisik

Hardisk adalah tempat penyimpanan data yang di lakukan secara silih berganti, yang akan mengakibatkan ketahanan dan juga kemampuan kinerja akan semakin menurun, oleh karena itu hardisk yang mengeluarkan suara berisik dan juga mengeluarkan suhu yang panas, bisa di analisa jika kemampuan hardisk sudah menurun dan biasanya akan cepat rusak.

Tampilan pada LCD Notebook

Kejelian dalam memilih LCD notebook adalah hal yang membutuhkan konsentrasi dan ketajaman pada pengelihatan Anda. LCD notebook yang mempunyai masalah atau kerusakan biasnya akan muncul dot atau titik kecil berwana hitam dan juga berwana lain kadang bisa juga ada tampilan seperti noda bulat hitam.

Pengecekkan Keyboard Notebook

Pastikan untuk mengecek keyboard satu persatu dengan melihat pada tampilan layar, Anda bisa menggunakan notepad atau Microsoft Word, atau aplikasi apapun yang bisa buat untuk mengetik. Cek setiap tombol apakah akannmemunculkan angka atau abjad dan juga karakter, huruf kecil dan juga huruf besar. Keyboard yang masih bagus biasanya masih keras ketika untuk mengetik dan juga agak dalam, rasakan kenyamanan antara tombol yang satu dengan tombol yang lainnya apakah ada yang berbeda atau mengganjal.

Pengecekkan Charger/Adaptor Notebook

Cek dengan detail kondisi fisik adaptor atau charger pada notebook yang akan dibeli. Biasanya ada serabut kabel yang patah di dalam tanpa bisa diliat secara kasat mata oleh Anda. Untuk bisa mengecek kondisi kabelnya, Anda bisa pegang kabel dan di urut dari atas sampe bawah kabel. Jika Anda menemukan benjolan di dalam atau pembungkus yang robek seperti terkelupas, Anda bisa minta tukar atau ganti. Karena aliran listrik yang tidak stabil akan membuat komputer akan mengalami masalah.

Pengecekkan Trackpad/Mouse jari Notebook

Teliti apakah sensifitas mouse trackpad masih wajar sesuai pemakaian ataukah sudah mengalami penurunan kemampuannya, mouse yang bermasalah biasanya lambat atau terlalu cepat di iringi dengan lompatan-lompatan pada indicator mouse di layar. Cek juga klik kiri dan klik kanan apakah masih wajar.

Cek Port Usb Notebook

Nyalakan Notebook dan cek semua port usb, liat sensitifitasnya, lemah apa kuat ketika memasukan flashdisk. Banyak flashdisk yang mengalami kelemahan sensifitas, apakah proses loading masih wajar apa tidak karena banyak pembeli yang tidak mengetahuinya jik port usb sudah lemah dalam merespon.

Semoga bermanfaat untuk Anda tips-tips untuk membeli notebook second bagi yang awam secara kasat mata, sehingga Anda bisa mendapatkan notebook bekas dengan kondisi yang baik dan tentunya sesuai budget.