Memiliki sebuah notebook pribadi rasanya sudah sangat penting bagi kehidupan Anda, karena fungsinya yang berperan dalam menunjang aktifitas. Saat ini jenis komputer Desktop sudah tidak jaman, karena modelnya yang tidak memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Saat ini kita tahu bahwa setiap anak kuliah pasti memiliki notebook, semua materi dan jenis penelitian tidak lakgi dalam bentuk hardcopy tetapi softcopy yang dikirim ke email.

Bagi Anda yang belum memiliki notebook dan ingin memiliki sebuah notebook untuk penunjang aktifitas, maka diperlukan berbagai pertimbangan. Budget adalah pertimbangan utama Anda, bagaimana jika memiliki dana yang minim dan ingin notebook baru?

Tentu saja bisa memiliki notebook baru dengan harga minim, saat ini banyak notebook baru dengan brand baru yang memiliki kapasitas dan spesifikasi sama tak kalah dengan notebook brand terkenal seperti Apple dan Lenovo. Namun Anda juga perlu memiliki startegi dalam memilih notebook baru yang sesuai dengan kebutuhan dan minim budget. Karena Anda tidak harus membuang banyak uang karena tergiur oleh iklan komputer dengan fitur fitur yang tinggi tapi kita tidak tahu bagaimana menggunakanya dan mengoperasikanya sedangkan kita tidak membutuhkan fitur-fitur tersebut.

Nah berikut ini 6 spesifikasi pada kapasitas ebuah notebook yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli sebuah Notebook baru, dengan memperhatikan untuk apa notebook digunakan? Apakah hanya membutuhkan Microsoft Office sebagai penunjang aktifitas yang terkait dengan bidang penegtikan dan perhitungan dalam membuat report atau dokumen, atau main game online, penggunaan aplikasi jaringan, designe, browsing, dan dunia programmer.

Perhatikan Spesifikasi Prosesor

Sekarang ini yang lazim dari generasi pabrikan prosesor adalah AMD dan Intel, keduanya memiliki keunggulan yang bisa mensupport penggunaan Notebook bagi pemakainya. Jika notebook hanya digunakan untuk mengetik atau hanya untuk browsing di internet, cukup dengan processor Intel i3 atau maksimal i5. Jika digunakan untuk kebutuhan game online dan pemrograman minimal notebook menggunakan prosesor intel i5. Bagi Anda seorang professional programmer maka notebook yang digunakan berspesifikasi prosesor i7, tentu budget yang dikeluarkan bukanlah ketgori minim. Semakin tinggi sepesifikasi processore pada notebook maka harganyapun akan semakin tinggi, jadi kembali lagi ke kebutuhan dan biaya yang Anda miliki dan inginkan.

Perhatikan Kapasitas Ram

Anda yang hanya membutuhkan Microsoft Office dan browsing internet kapasitas Ram minimal pada notebook adalah 2gb dan maksimal 4gb, karena aktifitas ini termasuk kerja ringan pada sebuah notebook. Tentu berbeda bagi Anda seorang professional designe dan programmer, kapasitas Ram pada notebook minimal 4gb dan hingga 32gb. Karena Anda harus memberikan ruang lebih agar notebook bisa berjalan dengan cepat dalam mengakses data.

Perhatikan Kapasitas Hardisk

Setiap notebook tentu dilengkapi dengan Hardisk yang merupakan ruang untuk tempat penyimpanan data dan aplikasi operating system pada notebook. Anda harus bijak dalam memilih kapasitas hardisk, jika penggunaan hanya untuk altifitas dokumentasi kuliah maka kapasitas hardisk yang dibutuhkan cuku 320GB dan 500GB. Namun bagi Anda seorang professional designe, programmer sebuah aplikasi tentunya membutuhkan kapasitas hardisk yang besar untuk menyimpan data program dan aplikasi yaitu 500GB dan 1 TB. Semakin tinggi kapasitas hardisk pada notebook tentu akan mempengaruhi harga sebuah notebook, dan ini tentu menjadi pertimbangan Anda dalam membeli sebuah notebook sesuai kebutuhan dan budget yang minim.

Perhatikan Tampilan Display Notebook dari Kapasitas VGA (Video Graphics Array)

VGA adalah hardware yang fungsinya untuk mengelola tampilan dan meningkatkan ketajaman pada layar, semakin tinggi kapasitas VGA semakin bagus dan bening tampilan pada layar LCD sebuah notebook. Rendah dan tingginya tampilan display notebook dipengaruhi oleh kapasitas VGA yang tertanam di mesin motherboard. Karena VGA bawaan Motherboard (onboard) maksimal 1Gb, bagi pemrogaman bisa di 1Gb- 2Gb, tapi untuk designer professional ini membutuhkan VGA extra Besar karena akan berpengaruh pada hasil designnya itu sendiri, minimal 2GB dan maksimal tidak terbatas.

Perhatikan Kapsitas LAN

Mengetahui jenis LAN pada notebook di bagi menjadi dua yaitu Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet. Tentu kedua jenis LAN tersebut memiliki perbedaan fungsi. Fungsi keduanya Anda bisa baca di Pelajari Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet Untuk Kebutuhan Jaringan Komputer Anda Jika Anda hanya pengguna notebook untuk aktifitas kantoran dan kuliah cukup menggunakan LAN Fast Ethernet. Untuk tipe LAN Gigabit Ethernet tidak akan terpakai, karena untuk saat ini hanya perusahaan besar saja yang baru menggunakan gigabite Ethernet.

Perhatikan Model WIFI

Model Wifi pada sebuah notebook juga menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli. Ada dua tipe model radio wifi yaitu ada yaitu di frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz, jika di area Anda belum menggunakan radio frekuensi 5 GHz maka tidak perlu membeli notebook dengan kemampuan wifi 5 GHz, cukup wifi tipe standart yaitu di 2,4 GHz. Maka kembali lagi sesuaikan notebook yang Anda beli dengan kapasitas yang mampu menunjang aktifitas namun dengan biaya minim yang Anda miliki.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda mempertimbangkan 6 spesifikasi notebook yang dibutuhkan dengan kebutuhan aktifitas Anda. Jika hanya penggunaa notebook untuk kegiatan dokumentasi dengan aplikasi Microsoft Office maka kapasitas low pun cukup menunjang dalam aktifitas Anda. Tetapi jika Anda seorang professional yang bekerja menggunakan notebook dalam membuat designe atau program maka tentu membutuhkan notebook dengan spesifikasi yang cukup menunjang aktifitas Anda tentu dengan pertimbangan 6 kapaistas pada notebook dan biaya minim yang dimiliki.