RAM adalah perangkat yang fungsi dan keguanaannya mengatur jalanya pengolahan data di notebook. Kadangkala kinerja RAM tidak bisa bekerja secara maksimal disebabkan oleh beberapa faktor.

  1. RAM mengalami masalah karena masalah perakitan ataupun human error
  2. RAM mengalami crash pada windows ( driver, applikasi)
  3. Adanya virus yang masuk, spyware, Trojan dll

Kadang akan sangat menjengkelkan ketika notebook yang biasanya kita pergunakan dalam keadaam baik, tiba-tiba menunjukan hal yang aneh. Contohnya muncul suara fan yang keras saat berputar sehingga mengganggu konsentrasi ketika bekerja. Masalah lainnya seperti saat notebook bekerja pada bagian bawah notebook terasa panas dan membuat Anda khawatir menggunakannya.

Nah pada artikel ini penulis akan memberikan cara untuk melihat proses, apakah RAM di perangkat notebook Anda normal atau tidak. Karena ketika notebook bekerja dengan normal dan stabil tentu Anda juga pasti nyaman saat beraktifitas.

Untuk melihat apakah kinerja RAM normal atau tidak selama menggunakan notebook, semua bisa Anda pantau menggunakan resource monitor bawaan windows, caranya:

  1. Arahkan mouse pada taskbar dan klik kanan, sehingga akan memunculkan menu seperti dibawah.
  2. Klik start Taskbar manager untuk mengarah ke option berikutnya.
  3. Klik menu Performance kemudian silahkan klik Resource Monitor
  4. Klik menu memory

Pada gambar diatas ini Anda sudah bisa di lihat, apakah RAM yang terpasang pada notebook Anda sesuai dengan yang tertera di installed. Jika di notebook Anda terpasang RAM 8Gb, maka yang tertera harus tertulis 8Gb.

Di dalam grafik bisa dilihat jika RAM di dalam notebook berjalan dengan normal. Karena ketika notebook mengalami masalah, mesikpun Anda pasang RAM berapapun jumlahnya free space yang tersisa akan tersisa sangat sedikit. Sebagai informasi tambahan pada bagian garis yang berwarana memberikan keterangan berapa memory yang sudah terpakai dan masih free.

Itulah sedikit tutorial cara melihat kinerja fisik RAM di notebook berbasis windows. Semoga tutorial ini bisa membantu dan bermanfaat.

Untuk tips dan tutorial selanjutnya yang lebih inovatif silahkan selalu berkunjung ke Vondanote.