Setiap rubik hobby atau tutorial di Vondanote saya memberikan beberapa cara ringan sebagai ibu rumah tangga yang memang terkadang tidak terpikirkan. Seperti cara berikut ini adalah bagaimana membersihkan kompor yang berkerak dengan menggunakan bubuk baking soda, yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat kue.

Coba tengok kompor di dapur Anda, apakah tampilannya sudah banyak kerak di area tungku api?

Sebenarnya kompor gas bisa terlihat bagus tanpa berkerak jika Anda rajin membersihkannya setiap selesai memasak. Namun dalam parkteknya itu sulit dan nyatanya Anda terbiasa menunda membersihkan hingga kerak mulai terlihat diarea tungku api kompor. Ketika komor berkerak makan pemandangan yang di temui adalah kompor Anda kompor gas sudah berubah tidak kinclong lagi, kerak bandel dimana-mana.

Sudah coba bersihin pakai cairan pembersih cuci piring masih saja belum bisa hilang. Ternyata membersihkan dan menghilangkan kerak bandel di kompor gas caranya mudah dan murah, cukup menggunakan bahan yang ada di dapur, yaitu dengan bubuk baking soda.

Berikut ini cara membersihkan kompor dengan bubuk baking soda:

  • Bersihkan kompor gas seperti biasa dengan menggunakan lap kering atau tissue.
  • Setelah kompor gas bersih dari minyak dan lainnya. Taburkan bubuk baking soda di bagian kompor yang berkerak dan tetesi sedikit air. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Gunakan sarung tangan khusus, dan gosok pelan bagian berkerak dengan menggunakan sikat gigi bekas hingga kerak yang menempel mulai rontok.
  • Setelah kerak hilang bersihkan kompor dengan lap yang sudah dibasahi.
  • Setelah tahap ke empat selesai, bersihkan sisa kotoran dan kerak dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi.
  • Terakhir bilas sekali lagi kompor dengan lap basah untuk memastikan bubuk baking soda tida menempel di kompor Anda. Kompor gas anda kembali kinclong.

Sebaiknya lakukan pembersihan kompor secara rutin minimal satu bulan sekali, jika aktifitas penggunaan kompor sangat sering atau hampir setiap hari digunakan baiknya kompor dibersihkan satu minggu sekali. Jika Anda membiarkan kebersihan pada kompor maka lama kelamaan kerak yang menempel pada sekitar tungku api akan sulit dibersihkan dan menebal. Tentu kerak yang menebal akan menimbulkan bakteri akibat pembakaran dan minyak yang menempel. Semoga artikel ini bermanfaat etrutama untuk Anda para ibu yang sekaligus wanita karir memiliki kesulitan dalam merawat kompornya didapur.