Buat anda para pemula yang ingin memulai menjadi seorang blogger bisa memanfaatkan platform gratis dari WordPress. Konsep blog di WordPress lebih friendly karena tampilannya yang sederhana dan sangat mudah bagi para pemula.

Anda tidak perlu bersusah payah membeli sebuah hosting dan domain utnuk blog pribadi anda, jika ada yang memberikan gratis seperti WordPress. Banyak beberapa blogger yang sukses dengan menggunakan flatform gratisan dari WordPress ini. Lagi-lagi modal menjadi sebuah blogger adalah kuota internet dan tentu saja ide menulis yang dituangkan menjadi sebuah artikel. Artikel yang bagus pastinya akan mendatang trafik ke blogger anda.

Tetapi kali ini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang apa itu WordPress tetapi pada artikel kali ini akan saya bahas step pembautan blog gratis di Platform WordPress. Tentunya setiap tahun atau bulan selalu ada update dari sistem registrasi, begitupula dengan WordPress. Ditahun 2017 WordPress memberikan banyak pembaharuan bagi para customernya untuk membuat situs secara gratis dengan menggunakan platformnya.

Tampilan awal disesuaikan dengan menu pilihan tipe atau model situs yang akan anda buat.

  • Blog yang berfungsi berbagi ide, cerita, dan foto anda ke pengikut anda.
  • Situs yang berfungsi mempromosikan bisnis, organisasi, atau merek anda serta menghubungkannya kepada audiens.
  • Portofolio yang mempresentasikan karya visual anda.
  • Toko Online yang berisi produk atau jasa yang dijual secara online dengan sistem pembayarannya.

Dari ke empat tipe blog tersebut untuk model Toko Online anda dipungut biaya sebesar 25 USD setiap bulan. Untuk ketiga model yang lain anda tidak dipungut biaya alias free. Sesuaikan model blog yang akan anda buat dengan mapping plan yang sudah anda buat.

Dari 4 Model situs yang anda ketahui, berikut ini akan dijelaskan prosedur pendaftaran untuk model situs gratis di WordPress.

Langkah 1

Menampilkan 4 situs yang ditawarkan oleh WordPress, dan anda bisa klik kota yang bertuliskan “Mulai dengan sebuah blog”

Langkah 2

WordPress akan menampilkan pilihan tema yang popular atau banyak dipilih orang sebagai tampilan blognya.

Langkah 3

Pada langkah ini anda bisa menuliskan nama untuk situs anda. Ketik pada kolom search nama yang anda inginkan. Jika nama situs tersebut sudah ada yang punya biasanya pihak WordPress akan menampilkan nama rekomendasi untuk situs anda.

Tapi pada langkah ketiga ini hati-hati biasanya rekomendasi nama situs pada step selanjutnya akan berbayar. Jika anda ingin platform yang gratis maka pilih yang ada tulisan “Gratis”. Setelah itu akan muncul jenis paket yang ditawarkan dari mulai gratis, 4 USD per bulan, hingga 24.92 USD per bulan. Tapi anda cukup memilih paket yang gratis seumur hidup.

Langkah 4

Pada langkah ini anda akan diberikan form isian sebagai pengguna untuk mengisi:

  • Alamat email
  • Nama pengguna
  • Kata sandi pengguna

Catatan untuk alamat pengguna di isikan nama sesuai utnuk domain blog anda, misalnya “pesanblog” ditulis sebagai nama pengguna.

Setelahnya anda bisa pilih “lanjutkan” jika form isian sudah lengkap.

Langkah 5

Pada langkah akhir anda akan mendapatkan notice dari WordPress jika registrasi blog baru sudah berhasil. Disitu juga tertera nama domain dari blog anda.

Langkah 6

Silahkan klik “Tampilkan Situs Saya” di sana WordPress akan menampilkan dari tampilan blog pribadi anda dengan tamplate yang sudah dipilih pada langkah kedua.

Langkah 7

Tentu dilangkah ini anda harus mulai rajin mengeksplore ide-ide yang dituangkan dalam tulisan menjadi artikel. Artikel tersebut bisa anda publish di blog pribadi ini.