Pernah membuka dokumen tetapi tulisan pada dokumen tersebut tidak dapat di edit, dan biasanya kalian mengenal dokumen tersebut berekstensi Pdf. Selain Pdf adalah XPS sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft yang memiliki fungsi sama seperti Pdf yaitu men-save dokumen yang tidak akan bisa di rubah atau edit. XPS sendiri kepanjangan dari XML Paper Specification, dan dokumen yang di save dalam bentuk XPS memiliki keuntungan sebagai berikut :

  1. Tampilan dokumen sama pada kebanyakan komputer
  2. Menghasilkan dokumen dengan size kecil
  3. Sesuai dengan format industry

File berekstensi XPS biasanya digunakan saat membuat reporting, dokumen hukum, berita, dan biasanya penggunaan file ini hanya bisa di baca dan di cetak.
Berikut ini contoh saving file dalam bentuk XPS:

Selain itu keunggulan XPS yaitu bisa di save dalam berbagai program Office dan link-nya, seperti :

  1. Access (Tables and Reports)
  2. Excel
  3. OneNote
  4. PowerPoint
  5. Project
  6. Publisher
  7. Visio
  8. Word

Dan berikut ini beberapa link yang bisa kalian gunakan untuk mendowload aplikasi yang bisa membuka dan membaca dokumen berekstensi XPS secara gratis:

  1. http://www.xpsviewer.com/download-xps-viewer.aspx
  2. http://www.pdflite.com/xps-reader/
  3. http://soft.rubypdf.com/software/portable-xps-viewer-for-xp-and-windows-2003
  4. http://www.xpsdev.com/xps-viewer-download

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian para pembaca untuk menambah pengetahuan dalam dunia saving dokumen. Dalam dunia bisnis tentunya kalian membutuhkan file yang tidak dapat di edit agar keaslian dokumen yang kalian sajikan benar-benar terjaga.